Helikopter BNPB Mendarat Di Perbatasan Atambua Bawa Alkes Covid 19.

Penyerahan bantuan Alkes Covid 19, kepada BPBD Belu

KBRN, Atambua : Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melakukan pendistribusian bantuan Alat kesehatan pencegahan dan penanggulangan covid-19 untuk wilayah perbatasan Atambua Kabupaten Belu.

Agak berbeda, kali ini penyerahan bantuan tersebut menggunakan helikopter BNPB dengan nomor RA-24427 dan dilakukan di Lapangan Umum Kota Atambua, Sabtu (09/01/2021).

Disaksikan RRI, penyerahan bantuan ini diserahkan langsung oleh Staf khusus Kepala Badan Penanggulangan Bencana Provinsi NTT, Ferry Sigakole, SIP selaku penanggungjawab dan diterima oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Belu, Balthasar Bouk. 

Ada beberapa jenis bantuan pencegahan dan penanggulangan covid-19 yang diserahkan yaitu 6 koli APD cover all (240 pcs), 3 koli masker kain (3.000 pcs), 2 koli face shield (200 pcs) dan 1 koli masker KN 95 (600 pcs).

Selain itu ada barang campuran sebanyak 1 koli diantaranya APD Hasmat /cover all (20 pcs), vitamin C (12 box), shoe cover (50 pcs), masker KF 94 (100 pcs), masker medis (600 pcs), hand spray (24 pcs), surgical gloves (50 pcs) dan hand sanitizer (3 jerigen).

Ferry Sigakole menjelaskan bahwa penyerahan bantuan tersebut memang dilakukan karena rutinitas yang harus dilakukan oleh BPBD Provinsi NTT untuk kabupaten-kabupaten wilayahnya.

"Hari ini kita bawa bantuan dan memang itu sudah rutinitas kepada seluruh kabupaten di NTT. Kita alokasi bantuan tersebut dalam bentuk masker kain, APD dan lain-lain," pungkasnya.

Terkait penggunaan helikopter, dirinya menjelaskan bahwa alat tersebut memang sudah diserahkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk operasional ke seluruh wilayah di Provinsi NTT.

"Hari ini kebetulan kabupaten Belu gilirannya sehingga kita datang dan tadi juga dapat informasi bahwa masyarakat juga bingung kaget-kaget muncul seperti ini. Namun memang helikopter ini sudah diserahkan dari BNPB pusat untuk membantu operasional di seluruh NTT," ujar Ferry Sigakole.

Disebutkan bahwa walaupun jumlahnya terbatas, bantuan pencegahan dan penanggulangan covid-19 ini diberikan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Belu yang diberikan melalui BPBD Belu.

"Bantuan ini jelas untuk seluruh masyarakat kabupaten Belu apabila mencukupi. Tetapi ini jelas akan menjadi rutinitas dengan situasi dan kondisi yang saat ini berjalan,"Ungkapnya.

Ferry Sigakole juga menerangkan bahwa bantuan akan diberikan lagi apabila bantuan dari Pusat telah sampai ke Provinsi NTT

"Kita upayakan seluruh kabupaten dulu. Kalau memang kondisi bantuan dari Jakarta sudah turun pasti kita akan alokasikan lagi," tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00