Dinkes Belu Lakukan Simulasi Pemberian Vaksin Covid 19.

Simulasi Pemberian Vaksin Covid 19, seroang Vaksinator saat melakukan peyuntikan Vaksin kepada penerima Vaksin.

KBRN Atambua : Vaksin Covid 19 Sinovac sebanyak 3200 dosis telah tiba di Propinsi Nusa Tenggara Timur, setelah data dari suruh kabupaten/kota valid dan vaksinator selesai menjalani pelatihan maka, Vaksin tersebut akan segara di distribusikan ke seluruh kabupaten termasuk Atambua Kabupaten Belu, karenanya untuk menyiapkan hal tersebut, Rumah Sakit Bantuan TNI (RUMKITBAN) Atambua dan Kodim 1605/Belu bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Belu menggelar Simulasi Vaksinasi Covid - 19, bertempat di Halaman Rumah Sakit TK. IV 09.07.04 Atambua, Senin (11/01/2021)

Dalam simulasi tersebut diperagakan beberapa proses tahapan vaksinasi Covid -19, dimulai dari masyarakat menunjukan pemberitahuan undangan vaksinasi yang dikirim oleh pemerintah melalui pesan elektronik. Selanjutnya, verifikasi data disesuaikan dengan aplikasi yang disediakan pemerintah. Data aplikasi yang sesuai dilakukan screening dan observasi kondisi penerima vaksin. Jika dinyatakan sehat dan memenuhi syarat, penerima vaksinasi wajib menandatangi surat persetujuan vaksinasi, kemudian dilanjutkan ke tahap penyuntikan vaksin. Terakhir, peserta wajib menjalani observasi pasca penyuntikan vaksin.

Plt. Kadis Kesehatan Kabupaten Belu - Ir. Florianus Nahak, M.Si mengatakan persiapan vaksinasi Covid - 19 nantinya akan diutamakan bagi 1.406 Tenaga Kesehatan di 17 Puskesmas di Kabupaten Belu.Dikatakan, simulasi tersebut dilakukan agar ketika pelaksanaan nanti tidak ada kebingungan bagi peserta maupun petugas dan untuk vaksinator di setiap puskesemas telah mengikuti pelatihan.

"Secara nasional pelaksanaan masih prioritas untuk tenaga kesehatan dan kemungkinan pejabat pemerintahan dan pejabat yang lainya di gelombang kedua, sebagai pemberi contoh, tenaga kesehatan yang akan melakukan vaksinasi (vaksinator) juga sudah siap di 17 puskesmas, Pelatihan Vaksinator juga sudah dilakukan sekitar 5-10 orang per puskesmas,"ungkapnya. 

Plt. Kadis Kesehatan Kabupaten Belu juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk taat 3M dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun. 

Sementara Pjs. Kepala RS. TK. IV 09.07.04 Atambua - Lettu CKM drg. Malik Hanro Agam menjelaskan simulasi ini merupakan bagian dari upaya kesiapan Tenaga Kesehatan di RS Tentara jika suatu saat digelar vaksinasi Covid-19

“Kita hari ini mengadakan simulasi untuk pelaksanaan vaksinasi Covid - 19 dan besar harapannya masyarakat di Kabupaten Belu tidak takut untuk menjadi peserta penerima vaksinasi Covid - 19,"Pungkasnya

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00