Dinas Kepemudaan dan Olahraga NTT Gelar Pelatihan Wirausaha Bidang Kerajinan Tangan Di Belu.

Foto bersama usai pembukaan kegiatan Pelatihan calon wirausaha pemuda bidang kerajinan tangan di Atambua Kabupaten Belu

KBRN Atambua : Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mengadakan kegiatan Pelatihan calon wirausaha pemuda bidang kerajinan tangan dikabupaten belu tahun anggaran 2020, bertempat di Hotel Matahari Atambua, Kamis (26/11/2020) diikuti oleh 30 orang pemuda-pemudi di Atambua Kabupten Belu.

Kegiatan pelatihan tersebut dilakukan dalam rangka memberdayakan kreatifitas dan daya inovasi para pemuda untuk mengembangkan diri dalam bidang usaha yang bisa menghasilkan produk bernilai ekonomis. 

Membuka kegiatan tersebut PJS Bupati Belu Zakarias Morukh memberikan apresiasi kepada dispora NTT yang telah menyelenggarakan kegiatan pelatihan di Atambua, karena dengan pelatihan yang dilakukan sangat bermanfaat bagi pemuda di Belu untuk, mampu berkreasi melalui kerajinan tangan, dengan pelatihan pemuda mampu berinovasi agar kedepan dapat menyiapkan diri dengan baik untuk menghadapi tantangan ke depan.

Dikatakan Pemuda harus mampu mandiri dan kreativ dengan melahirkan inovasi baru melalui pelatihan yang diberikan akan memberikan manfaat yang besar bagi pemuda di Belu.  

“Saya harap pemuda dapat memanfaatkan kegiatan ini dengan baik, pelatihan kerjakan tangan ini menjadi motivasi dan inovasi baru yang akan diberikan narasumber kepada pemuda, agar bisa bekerja dan menyiapkan diri dengan baik menghadapi tantangan kedepan”Ungkapnya

Sementara Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda pada Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi NTT Veneranda Moi dalam laporannya menjelaskan, kegiatan pelatihan dilaksanakan untuk menumbuhkan motivasi bagi wirausaha pemuda untuk mengembangkan usahanya dan dapat memberikan dampak positiv bagi penguatan gerakan kewirausahaan pemuda diwilayah Belu.

Lanjutnya Tujuan diadakan kegiatan pelatihan, mengerahkan berbagai sumber daya guna meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan kempauan pemuda dalam berwirausaha, mendorong terciptanya lingkungan yang kondusif guna meningkatkan peluang usaha bagi pemuda, menumbuhkan wirausaha baru terutama dijalankan pemuda, mendorong berkembangnya krativitas dan inovasi pemuda.

“Di Belu kita melihat potensi kerajinan tangan sangat tinggi untuk menggali kreatifitas pemuda disini, maka kita melakukan pelatihan, Seperti sovenir, handicraft, dompet, kalung, anting, masker, ini dengan modal yang kecil tetapi menghasilkan laba yang bagus,”Jelasnya.

Sementara salah seorang peserta kegiatan pelatihan Jacob Uly merasa sangat beruntung dapat mengikuti kegiatan pelatihan tersebut karena dengan situasi pandemi Covid 19, pemuda  banyak yang menganggur tidak produktiv, karenanya apa yang disampaikan oleh narasumber menjadi bekal untuk nantinya dapat berkarya dan berinovasi yang nantinya dapat menghasilkan uang.

“Saya merasa beruntung dapat ikut kegiatan ini, karena kita dapat pelatihan kerajinan tangan nantinya kita dapat praktik dirumah hasil dari kerjamu nan yang kita buat dapat dijual dan menghasilkan uang,”Katanya.

Kegiatan pelatihan dilaksanakan selama tiga hari, dari tanggal 26-28 November 2020 bertempat di Hotel Matahari Atambua. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Kepemudaan dan olahraga Propinsi Nusa Tenggara Timur, Kapala dinas pemuda olahraga kabupaten belu.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00