Kasus Positif Covid - 19 di TTU Bertambah 1 Orang

Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandez.jpg

KBRN, Kefamenanu: satu orang warga kabupaten Timor Tengah Utara, provinsi Nusa Tenggara Timur kembali terkonfirmasi Positif Covid - 19.

Sesuai data kependudukan yang diperoleh dari tim gugus tugas penanganan Covid - 19 kabupaten TTU, diketahui pasien terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut berinisial RE (24) warga kelurahan Bitauni kecamatan Insana.

Kepada RRI, Bupati Timor Tengah Utara, Raymundus Sau Fernandez menjelaskan, pasien yang bersangkutan diketahui bersama suami serta anaknya hendak melakukan perjalanan ke surabaya dan sudah melakukan rapid test di RS Leona Kefamenanu.

Namun sebelum diperoleh hasil rapid testnya dari RS Leona kefamenanu, lanjut Raymundus, yang bersangkutan sudah melakukan perjalanan ke So'e kabupaten TTS dan kembali melakukan rapid test di RSUD So'e yang diketahui hasil rapidnya reaktif sehingga pihak RSUD So'e melakukan pengambilan sample swab dan mengembalikan yang bersangkutan ke TTU untuk menjalani karantina di RS Darurat Rusunawa BTN kefamenanu.

" kita sudah jemput dan yang bersangkutan sudah di rusun dan hasil swabnya dua hari lalu sudah keluar dan hasilnya dia positif covid-19. Saya tidak tahu riwayat perjalanannya dia seperti apa, tapi bersama suami dan anaknya mereka berada di TTS yang kemudian hasil rapidnya dia reaktif namun suami dan anaknya tidak " ungkap Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandez kepada RRI, senin (12/10/2020).

Raymundus menambahkan, tim gugus tugas telah melakukan screening terhadap keluarga pasien positif yang berada di kabupaten TTU dan hasilnya tidak ada yang reaktif, sehingga kuat dugaan pasien tersebut terpapar Covid - 19 di wilayah TTS.

" kita sudah lakukan screening terhadap keluarganya yang ada disini, dan hasilnya tidak ada yang reaktif, itukan berarti dia tertularnya di wilayah TTS dan yang bersangkutan sudah berada di rusun sejak tanggal 30 september " tuturnya.

Ia memastikan, pemerintah daerah akan terus melakukan screening terhadap seluruh pelaku perjalanan serta akan terus berupaya membangkitkan semangat optimisme masyarakat untuk menghilangkan rasa takut terhadap virus corona.

" kita harus bersahabat sudah dengan corona ini, tidak usah takut, kita harus bersahabat, kita harus membangkitkan rasa optimisme bahwa kita bisa lawan. Semua berpeluang untuk kena, oleh karena itu kita tidak boleh menutup diri dan takut berlebihan, karena justru takut berlebihan akan menjadi penyakit tersendiri " pungkasnya.

Dengan bertambahnya satu kasus tersebut, maka jumlah kasus terkonfirmasi Positif Covid - 19 di Kabupaten TTU saat ini tercatat sebanyak 3 kasus, dengan rincian, 1 kasus sembuh dan 2 dalam perawatan di RS Darurat Rusunawa BTN, Kefamenanu.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00