Puluhan Warga Desa Kiuola terkena Muntaber

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Timor Tengah Utara, Thomas Laka di ruang kerjanya.jpg

KBRN, Kefamenanu: Sebanyak 39 orang warga desa Kiuola kecamatan Noemuti kabupaten Timor Tengah Utara provinsi Nusa Tenggara Timur terkena penyakit muntaber.

Dari 39 korban muntaber, 22 diantaranya sempat menjalani perawatan di Puskemas Noemuti, sementara 17 orang lainnya menjalani perawatan mandiri di rumah.

Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Timor Tengah Utara, Thomas Laka, saat ditemui mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan penyebab puluhan warga tersebut terkena penyakit muntaber.

Thomas menjelaskan, untuk sementara pihaknya menduga salah satu penyebab terjadinya kasus tersebut akibat air minum yang dikonsumsi oleh warga yang diketahui berasal dari sumber mata air setempat tidak bersih.

" sekarang ini teman-teman ke kiuola untuk coba lihat air yang mereka pakai konsumsi sekalian kita ambil sample untuk periksa ke laboratorium " ungkap Kadis Kesehatan TTU, Thomas Laka saat ditemui RRI di ruang kerjanya, selasa ( 08/09/2020).

Thomas menambahkan, korban muntaber yang saat ini menjalani perawatan mandiri akan terus dipantau dan dilakukan survey lanjutan oleh petugas puskesmas noemuti hingga 3 hari kedepan guna memastikan kondisi serta perkembangan kasus tersebut.

" kasus muntaber ini terjadi karena kondisi lingkungan yang kurang bagus, dengan kondisi iklim seperti ini, maka biasakan perilaku hidup bersih dan sehat, salah satunya dengan mengkonsumsi air minum yang sudah dimasak " jelasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00