KBRI Dili Fasilitasi 149 WNI Di Timor Leste Kembali Ke Indonesia.

149 WNI Berpose di Bandar Udara Internasional Presidente Nicolau Lobato Timor Leste sebelum berangkat ke Indonesia

KBRN, Dili : Sebanyak 149 orang warga Negara Indonesia (WNI) yang bekerja di Timor Leste kembali ke Indonesia Kamis, (15/05/2020), repatriasi mandiri 149 WNI difasilitasi Kedutaan besar Republik Indonesia (KBRI) Dili Timor Leste, repatriasi WNI secara mandiri tersebut menggunakan pesawat carter dengan tujuan Dili Timor Leste - Surabaya Indonesia.

Pelaksana fungsi konsuler Keduataan besar Republik Indonesia (KBRI) di Dili Yulius mada Kaka menjelaskan, dari 149 WNI yang kembali ke tanah Air, sebanyak 68 WNI akan kembali ke Jawa Timur dan 69 dengan tujuan Jawa Tengah. Sementara beberapa WNI lainnya akan melanjutkan perjalanan menuju Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Sumatera Utara, NTB, Bali, Kalimantan Selatan dan Jambi. 

Dikatakan,Kepulangan WNI tersebut atas biaya sendiri dengan menggunakan pesawat sewa (chartered flight) akibat penutupan sementara (lockdown) seluruh jalur transportasi termasuk jalur udara oleh Pemerintah Timor-Leste. 

“Mereka yang kembali ke Indonesia, merupakan Pekerja Migran Indonesia seperti pekerja konstruksi, tenaga mekanik/mebel, karyawan perusahaan dan pedagang,”Jelasnya

Menurut Yulius, Dampak dari wabah Covid-19 utamanya pada sektor perekonomian merupakan salah satu alasan utama para WNI untuk pulang ke tanah air. Sebagian besar dari mereka telah kehilangan pekerjaan. Tidak sedikit di antaranya terpaksa pulang karena tempat usaha ditutup serta peluang usaha yang semakin terbatas. Beberapa WNI telah merencanakan untuk mudik lebaran tahun ini dan berkumpul dengan keluarga di kampung halaman. 

Lanjutnya, KBRI Dili telah melakukan koordinasikan terkait kepulangan para WNI dengan pihak-pihak terkait di Indonesia utamanya Gugus Tugas COVID-19 Jawa Timur dan Jawa Tengah mengingat sebagian besar WNI berasal dari dua provinsi tersebut. Setibanya di bandar udara Juanda, Surabaya, para WNI akan dijemput oleh Gugus Tugas Covid-19 Jawa Timur dan Jawa Tengah untuk dipulangkan ke daerah asal masing-masing. Sementara WNI dengan tujuan provinsi lainnya, akan melakukan pengaturan transportasi secara mandiri.

“Repatriasi ini merupakan yang pertama kali dilakukan, kami terus mengimbau agar WNI yang masih berada di Timor Leste tetap mengikuti aturan, jika ingin kembali ke Indonesia melalui jalur darat  melalui pos lintas batas yang dibuka setiap hari rabu,”Ungkapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00