Cegah Covid19 Petugas Posko di Kabupaten TTU Bertugas 1x24 Jam

KBRN, Atambua: Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara TTU Propinsi Nusa Tenggara Timur NTT,  melakuka  sterilisasi terhadap orang  atau  para pelintas yang akan memasuki wilayah tersebut, dengan melakukan pemeriksaan identitas serta suhu tubuh,  di posko covid-19,  yang terletak di desa Oeperigi, Kecamatan Noemuti perbatasan kabupaten TTU dan  Kabupaten Timor Tengah Selatan TTS.

Petugas  dari Dinas Perhubungan Kabupaten Timor Tengah Utara Vinsen Mone  kepada RRI disela-sela kegiatan pemeriksaan mengatakan, upaya tersebut merupakan langkah antisipasi pemda setempat terhadap penyebaran virus berbahaya covid-19.

“Covid-19 ini adalah virus yang sangat berbahaya, sehingga sebagai langkah antisipasi kami lekukan pemeriksaan di pintu masuk wilayah kabupaten TTU 1x24 jam. Ini untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona. Disini kami selain mengecek identitas orang, kami juga lakukan pengecekan suhu tubuh”. Kata Vinsen Mone Selasa (05/05/2020)

Secara spesifik Vinsen menjelaskan pemeriksaan yang dilakukan lebih divokuskan bagi orang dari luar NTT, atau yang  berasal dari zona merah, sehingga jika kedapat selain diperiksa, juga dikantina sesuai ketentuan yakni selama 14 hari.

“Pemeriksaan yang kami lakukan lebih difokuskan pada orang-orang yang datang dari luar NTT atau zona merah. Jadi ketika ada kedapatan orang dari luar NTT itu selain kami periksa, proses lebih lanjut kami karantina orang tersebut selama 14 hari, sesuai aturan yang ada, setelah itu baru kami izinkan untuk untuk bertemu keluarga”.

Dalam pelaksanaannya  para petugas yang terdiri  dari anggota TNI-Polri, petuga dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, pemerintah desa setempat dan karang taruna  tak segan-segan menghentikan semua kendaraan yang melintas  dan melakukan pemeriksaan, terhadap para penumpang. Sebelumnya dilokasi yang sama  pemda TTU,  juga melakukan penyemprotan cairan disinfektas khusus bagi kendaraan yang hendak melintas masuk ke wilayah kabupaten TTU, yang juga merupakan pintu masuk ke kabupaten Belu, dan Malaka, serta wilayah Negara Timor Leste. MD

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00