Satu WNA Itali Di Timor Leste Jadi Suspect Corona, KBRI Di Dili Timor Leste Berikan Perlindungan Bagi WNI.

KBRN, Atambua: Kedutaan Besar Republik Indonesia ( KBRI ) di Dili Timor Leste menjelaskan perkembangan virus corona di Negara Timor Leste, masih negativ karena KBRI di Dili belum menerima laporan resmi dari Pemerintah Timor Leste maupun WHO terkiat adanya warga Negara Asing yang positif terinfeksi virus corona.

Demikian ditegaskan pelaksana fungsi konsuler Kedutaan Besar Republik Indonesia ( KBRI ) di Dili Timor Leste Yulius Mada Kaka Kepada RRI, Senin (9/3/2020).

Dikatakan berkaitan dengan infomasi warga Negara Timor Leste yang terkena virus corona merupakan tidak benar karena KBRI hanya menerima informasi satu orang warga Negara Itali yang saat ini menjadi suspect terjangkit virus corona, warga Negara Itali tersebut sedang berkunjung ke Dili dan bukan merupakan warga Negara Timor Leste.

Saat ini satu orang suspect tersebut tengah dilakukan observasi oleh tim di rumah sakit Dili Timor Leste.

“Kami mau meluruskan infomasi terkaiat penyebaran virus corona di Timor Leste, dapat kami sampaikan hari ini KBRI Dili belum menerima laporan resmi dari pemerintah Timor Lestre maupun WHO terkait adanya Warga Negara asing atau Warga Negara Timor Leste yang terifeksi virus corona, infomasi yang kami peroleh beberapa hari terkhir, terdapat satu warga Negara asing dari Itali yang diduga kuat terinfeksi virus corona saat ini dikategorokan suspect,”Ungkapnya.

Pelaksana fungsi konsuler KBRI Dili Yulius Mada Kaka mengakui, KBRI di Dili memberikan perlindungan penuh kepada Warga Negara Indonesia di Timor Leste agar tidak tepapar virus corona, sosialisasi melalui media resmi KBRI Dili dan kegiatan sosialisasi dengan petremian langsung dengan WNI di Dili gencar dilakukan agar WNI menjaga kesehatan.

Lajutnya WNI yang berada di Timor Leste saat ini mencapai 9900 orang pengawasan bagi WNI terus dilakukan KBRI.

“Sebagai bentuk perlindungan bagi WNI di Timor Leste, dari penyebaran virus corona KBRI Dili terus melakukan himbauan untuk selalu waspada dan update terkait informasi virus corona dan yang penting selalu menajag diri dari kondisi dan lingkungan yang berbahaya, himbauan tersebut dilakukan melalui medaia social dan website KBRI Dili, pertemuan teknis dan sosialisasi langsung kepada WNI juga dilakukan,”Katanya.

Untuk diketahui seorang warga Negara asal Italia yang menjadi suspect terifeksi virus corona telah diisolasi di rumah sakit di Dili sampel darahnya sementara di cek di laboratirium di Darwin Australia, pemerintah Timor Leste bekerja sama dengan WHO dalam menangani masalah virus corona di Timor Leste.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00