Warga Desa Leosama Belu Urus KTP Sambut Kesehatan Gratis

Dispenduk Belu-NTT

KBRN, Atambua : Mendorong Up Date data secara akurat dalam kaitan program pelayanan kesehatan secara gratis, Pemerintah desa Leosama Kecamatan Kakuluk Mesak Kabupaten Belu-NTT bekerjasama pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Belu, melakukan pelayanan pengurusan dokumen kependudukan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) bagi masyarakat desa setempat.

Pengurusan dokumen kependudukan bagi setiap wajib KTP di wilayah desa penyangga perbatasan dengan Negara Timor Leste ini, sehingga pada gilirannya bisa terkaver dalam skema pelayanan kesehatan secara gratis oleh Pemerintah Daerah Belu.

"Dispenduk langsung urus di desa yang baru KTP  sekitar tiga puluh sembilan orang. Terhadap mereka yang baru tamat sekolah, ada yang umur 17 tahun memang sementara sekolah juga yang sudah tamat urus KTP," Ungkap Kepala Desa Leosama Arkadius Moruk ketika dikonfirmasi RRI, Rabu (23/6/2021).

Ia menambahkan selain itu terdapat pula mereka yang pindah domisili ikut mengurus e-KTP perpindahan penduduk sesuai by name by address sehingga data kependudukan lebih akurat.

"Terus ada mereka kawin mawin dari daerah tetangga kebetulan pindah masuk desa Leosama otomatis mereka punya KTP harus di buat ulang," Ujarnya.

Sementara untuk jumlah penduduk yang sedianya diakomodir pada program kesehatan gratis dengan hanya mengantongi KTP di wilayah desa setempat, diperkirakan seribu lima ratus jiwa.

Itupun belum diketahui angka pasti karena terpisah mereka yang terkaver Kartu Indonesia Sehat (KIS) maupun BPJS kesehatan, di data per jiwa. 

"Inikan program pak Bupati terlepas BPJS KIS itukan urusannya Pemerintah Pusat. Memang data penunjang terhadap masyarakat disetiap desa hanya KTP, ya diperkirakan sudah 90% saya punya masyarakat miliki KTP," Tandas Arkadius.

Dirinya menyambut baik program prioritas bidang kesehatan dibawah kepemimpinan Bupati Belu dr. Agustinus Taolin-Wakil Bupati Aloysius Haleserens, karena langsung menyentuh aspek kebutuhan dasar masyarakat. Sesuai agenda peluncuran Agustus 2021 mendatang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00