SMK St. Yosef Nenuk Tahun Pembelajaran 2021-2022 Terapkan Pendidikan Vokasi 4 Tahun

KBRN. Atambua : Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Katolik St.Yosef Nenuk, Atambua, Kabupaten Belu, Provinsi NTT Tahun Pembelajaran 2021/2022. Kembali menerapkan sistem pembelajaran vokasi berbasis 4 tahun sesuai dengan edaran Menteri Pendidikan RI.

Hal ini disampaikan Kepala Sekolah SMK Katolik St.Yosef Nenuk, Pater Petrus Dile Bataona, SVD kepada rri.co.id. Selasa, (22/6/2021).

Terkait pendidikan vokasi 4 tahun jelas Pater Petrus, ini bukan hal baru bagi STM St. Yosef Nenuk. Dimana sekolah 4 tahun sudah diterapkan sejak awal berdiri. 

"STM St. Yosef Nenuk sejak berdiri pada 1972 itu, digagaskan untuk sekolah 4 tahun. Hal ini adalah spirit dari para misonaris yang mau membangun sekolah untuk menciptakan anak didik yang siap kerja bukan untuk kuliah", ujar Pater Petrus.

Namun dalam perjalanan, sejak 1980 menyesuaikan dengan kurikulum pemerintah, yang mana dari pendidikan 4 tahun menjadi 3 tahun hingga saat ini kurang lebih 20 tahun.

"Dalam kurung waktu itu, mengikuti pendidikan 3 tahun, berdasarkan evaluasi sekolah dari tamatan SMK mereka lulus tetapi kompetensi yang rendah. Padahal sekolah ini dibangun untuk kerja bukannya menganggur,"ungkapnya.

Lanjutnya, dengan telah diberlakukannya kembali pendidikan vokasi 4 tahun bagi SMK yang diberlakukan secara nasional tahun pembelajaran baru 2021/2022 hal ini sejalan dengan spirit sekolah ingin menghasilkan lulusan yang berkualitas. Untuk itu SMK St Yosep Nenuk merespon positif pendidikan vokasi ini. 

"Jadi, yayasan dan kami pendidik pun sangat senang dengan dikembalikannya pendidikan vokasi 4 tahun ini. Hal ini juga gayung bersambut sejak diberlakukannya pendidikan 4 tahun, animo masyarakat yang ingin menyekolahkan anaknya di SMK St. Yosef Nenuk sangat tinggi terlihat dari banyaknya siswa yang mendaftarkan diri," pungkasnya.

Untuk diketahui, pelaksanaan pendidikan vokasi Tahun Pembelajaran 2021/2022 perdana. sesuai rencana akan dilaunching oleh Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat pada Juli mendatang di SMK St. Yosef Nenuk.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00