Dirlat Bakamla RI Buka Latihan Kesiapan SAR Wilayah Zona Timur

KBRN, Ambon : Direktur Latihan (Dirlat) Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI Laksma Sandy M. Latief, Selasa (25/11/2020) sekitar pukul 09.30 WIT, membuka secara resmi Kegiatan Latihan Kesiapan SAR Wilayah Zona Timur di Pangkalan Armada Kamla Ambon Jl. Wolter Monginsidi Desa Halong Kecamatan  Baguala Kota Ambon Provinsi Maluku. 

Hadir dalam acara pembukaan ini antara lain Kepala Kantor Kamla Zona Timur Laksma Arif Sumartono, Kepala Kantor SAR Ambon Djunaidi, Wadan Lantamal IX Ambon, pejabat esalon 3 dan 4 Bakamla RI, perwakilan Dirpolair Polda Maluku, Kepala KSOP Kelas I Ambon, Kepala KKP Ambon dan Kepala Bea Cukai Ambon, serta peserta latihan dari unsur TNI AL, Bakamla, Polair, Bea cukai dan Basarnas kurang lebih 50 personil. 

Dirlat Bakamla RI Laksma Sandy M. Latief dalam sambutannya menyebut, sesuai amanat Peraturan Presiden Nomor 178 Tahun 2014 Tentang Bakamla, salah satu tupoksinya adalah melaksanakanKegiatan patroli keamanan dan keselamatan di perairan Indonesia. Ada juga Petunjuk Pelaksanaan Perbantuan Bakamla Ri Kepada Basarnas Dalam Rangka Pencarian Dan Pertolongan.

"Dari dua hal tersebut, Bakamla Ri dan Sstakeholder khususnya di wilayah Ambon memahami siapa berbuat apa sehingga dapat menyelesaikan permasalahan secara sinergi. Melalui latihan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan, mempererat hubungan satu dengan yang lain serta sharing pengalaman," tegas Dirlat Bakamla Sandy Latief.

Ditegaskan Dirlat Bakamla, tugas dan tanggunjawab melaksanakan perbantuan SAR itu bukan hanya berada di pundak Bakamla dan stakeholders terkait, tetapi merupakan tanggungjawab semua.

"Ini tanggungjawab semua, bahkan nelayanpun  wajib memberikan pertolongan kondisi di perairan. Terkadang kita kurang bersahabat, padahal  belum tentu kita Sendirian mampu menyelesaikan suatu misi SAR dengan baik. Maka kita Harus mau membuka diri dan bekerja secara bersama-sama," ingat Laksma Sandy Latief..

"Saya minta kepada para peserta latihan perhatikan keamanan dan keselamatan dalam melaksanakan latihan, patuhi semua instruksi yang disampaikan oleh para pengajar dan jaga kekompakan sesama peserta dan pengajar. Jangan lupa tetap laksanakan protokol Covid 19, lebih baik kita menjaga diri agar tidak membawa efek yang buruk kepada orang lain," tambah Latief.

"Mengakhiri sambutan saya ini, marilah kita memohon petunjuk dan bimbingan dari Tuhan Yang Maha Esa agar kita senantiasa diberikan perlindungan dalam melaksanakan pelatihan Ini. Akhirnya, dengan mengucap "Bismillah Hirrohmaan Nirrohim", pada hari ini, Selasa, 24 November 2020, Latihan SAR Wilayah Zona Timur tahun 2020, dengan resmi saya nyatakan dibuka," demikian Dirlat Bakamla Laksma Sandy Latief.

Sesuai rencana, Kegiatan Pelatihan Kesiapan SAR Wilayah Zona Timur dilaksanakan selama 4 hari atau berakhir pada Jumat tanggal 27 November 2020. Sebelum ditutup, peserta pelatihan akan melakukan manuver atau aksi langsung di lapangan terkait operasi pencarian dan penyelamatan SAR.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00