KSAU : Saumlaki Disiapkan Jadi Satuan TNI Terintegrasi

KBRN, Ambon : Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo memastikan Kota Saumlaki di Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) akan disiapkan menjadi Satuan TNI Terintegrasi (STT) TNI Angkatan Udara (AU).

"Sesuai Renstra, Saumlaki akan jadi STT, Satuan TNI Terintegrasi," ungkap KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo dalam tatap muka bersama Gubernur Maluku Murad Ismail dan Forkopimda di Ambon, Minggu (03/07/2022) malam.

Marsekal TNI lulusan Akademi AU 1988 ini menegaskan, TNI AU sudah memulai dengan membentuk Satuan Pangkalan Udara yang menjadi salah satu titik pertahanan udara. 

"TNI AU sudah memulai, dan kita sudah membentuk Satuan Pangkalan Udara. Kita juga sudah menempatkan radar pertahanan udara dan ini menjadi salah satu titik pertahanan udara yang strategis," ungkap Marsekal Fadjar yang merupakan penerbang Pesawat Tempur A-4  Skyhawk dengan Callsign 'Bobcat'.

Menurut  mantan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan II ini, peran masyarakat Maluku dalam Operasi Trikora merebut Irian Jaya (Papua), Desember 1961 - Agustus 1962 sangatlah besar, sehingga TNI AU memiliki ikatan yang erat dengan masyarakat Maluku.

"Kami mempunyai kaitan yang erat dengan masyarakat Maluku, kalau kita melihat sejarah, khususnya dioperasi Trikora," ujar Marsekal Fadjar, sembari menjelaskan bahwa Maluku menjadi titik tolak pelaksanaan Operasi Trikora di wilayah timur.

KSAU Marsekal Fadjar dan rombongan direncanakan melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) di sejumlah wilayah di Maluku, 3 - 6 Juli 2022.

Kedatangan KSAU dan rombongan ke Maluku dalam rangka melihat kesiapan peringatan Hari Bakti ke-75 TNI Angkatan Udara yang dipusatkan di Maluku.

"Adapun kunjungan saya selaku KSAU di wilayah Maluku, selain melaksanakan kunjungan kerja ke beberapa pangkalan udara di jajaran kami,  kami ini punya gawe besar tahun ini, memusatkan Karya Bakhti dalam rangka Hari Bakhti TNI Angkatan Udara yang ke-75. Tahun ini, kita pusatkan di Ambon," demikian KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar