Danrem: Maluku Harus Aman dan Damai Selamanya

KBRN, Ambon : Danrem 151/Binaiya Brigjen TNI Arnold A. P. Ritiauw mengajak masyarakat untuk satu hati menjaga Maluku tetap aman dan damai selamanya. Ajakan itu disampaikan Danrem menyikapi Konflik antar warga Maluku di Sorong Papua Barat dan konflik Ori - Kariu di Pulau Haruku. 

Dalam tatap muka bersama tokoh pemuda Ambon Kei (Amkay), Maluku Satu Rasa Salam Sarane (M1R) dan Pemuda Pancasila, Rabu (26/01/2022), Danrem Arnold Ritiauw menegaskan, situasi yang terjadi saat ini harus disikapi dengan bijak, karena tidak akan ada yang dicap sebagai orang hebat.

"Tidak akan ada yang di cap hebat. Menang jadi arang, kalah jadi abu. Kalau kita mau lihat siapa yang benar, tidak akan ada. Jangan terpengaruh, jangan termakan hoax dan jangan menyebarkan hoax itu sendiri. Tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan kalau kita  membuka hati," ujar Danrem.

Diingatkan Danrem, masalah yang terjadi di Kota Sorong, biarkan hanya terjadi di Kota Sorong dan jangan dibawa-bawa sampai ke Ambon dan Maluku secara umum. 

"Percayakan kepada aparat keamanan, mereka akan selesaikan,  termasuk masalah di Negeri Kariu  dan Dusun Ori. Saya tegaskan bahwa masalah Ori dan Kariu ini akar masalahnya adalah masalah tanah, bukan masalah yang lain," ingat Danrem. 

Jadi, sambung Danrem, mari sama-sama mendinginkan suasana, dengan menyampaikan pesan-pesan damai, karena tindakan kekerasan tidak akan pernah menyelesaikan masalah. 

Pada kesempatan itu, Pembina Amkey menegaskan bahwa konflik di Sorong tidak akan merembet ke Ambon dan Maluku secara umum. Pemuda Amkay sepakat tidak akan terpancing dengan isu-isu menyesatkan dan berita-berita hoax.

Senada, Ketua Maluku Satu Rasa Salam Sarane Bersatu menegaskan bahwa Maluku adalah rumah titipan leluhur yang harus dijaga dan dirawat agar tetap aman dan damai, sesuai dengan semboyan Potong di Kuku Rasa di Daging.

"Konflik yang terjadi di Kota Sorong cukup sampai di Kota Sorong saja. Mari kita ciptakan perdamaian sesuai dengan budaya hidup Pela Gandong, karena kita masyarakat Maluku punya ikatan Pela Gandong antar negeri,"ujarnya.

"Apresiasi bagi Korem 151/Binaiya yang sangat pro aktif menyikapi persoalan-persoalan yang terjadi. Mari kita saling jaga, jangan biarkan pihak-pihak tertentu merusak kondisi yang terjadi di Maluku. Mari katong jaga Maluku agar tetap kondusif, aman dan damai selamanya," ajak Ketua Maluku Satu Rasa Salam Sarane Bersatu.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar