Lewat Jalan Rusak 9 Jam, Babinsa Waimite Bantu Mengajar di Sekolah

KBRN, Ambon : Serka Sudarmin Hamis hanyalah prajurit TNI biasa, seorang Babinsa di Dataran Rana, pedalaman Buru. Namun tekad dan semangatnya yang luar biasa, membuat banyak orang berdecak kagum, termasuk Tim PI Klasis  GPM.

Serka Sudarmin adalah Babinsa di sebuah desa terpencil, Waimite, Buru Utara. Jauh dari tempat tinggalnya di Kota Namlea, Serka Sudarmin tak pernah mengeluh meski harus mengendarai motor trail selama 9 jam ke Wimite.

Jalan rusak yang mengancam keselamatan pengendara motor tak dihiraukan. Hujan panas, juga tak digubris. Belum lagi sembilan sungai yang harus dilewati untuk mencapai Desa Waimite.

Di Dataran Danau Rana yang dihuni suku terasing ini, terdapat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), namun minim tenaga pengajar.

Di SMP 28 Buru misalnya, hanya terdapat 2 guru PNS dan 5 guru honor. Kondisi ini disikapi Serka Sudarmin dengan mengabdikan diri sebagai tenaga pengajar.

"Itu resiko saya selaku Babinsa. Tapi saya sudah punya niat membantu masyarakat yang ada di pedalaman. Dan itu memang tujuan saya," ungkap Serka Sudarmin kepada RRI via telepon, pekan lalu.

Menurutnya, sudah lebih dari 1 tahun dirinya menjadi Babinsa di Desa Waimite.  Meski jalan menuju desa itu sangat beresiko, namun tekadnya yang ingin membuat perubahan di kawasan terpencil itu mengalahkan rasa lelahnya.

"Saat ini saya hanya fokus untuk Dataran Danau Rana saja. Saya juga mengajar anak-anak sekolah. Ada SMP dan SD. Di SMP 28 Buru ada kekurangan guru, 2 guru PNS, 5 honor, jumlah siswa 58 orang. Jadi saya bantu mengajar, salah satunya tentang wawasan kebangsaan," ujarnya.

Ditanya tentang kendala, Serka Sudarmin menyebut, kendala yang paling berat adalah kondisi jalan yang rusak parah dan beresiko.

"Masyarakat di sini punya harapan,  jalan rusak kalau bisa secepatnya diperbaiki, agar akses ke Kota Namlea lebih lancar dan cepat," tuntas Serka Sudarmin Hamis.

Sikap dan perilaku Serka Sudarmin yang humanis, mendapat simpati dari TIM PI Klasis GPM yang turun  melaksanakan Peresmian Pastori di Dataran Danau Rana.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00