Sikapi KLB Deli Serdang, Demokrat Maluku Siap Gelar Rakorda

KBRN, Ambon : DPD Partai Demokrat Provinsi Maluku telah menjadwalkan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) yang dihadiri pimpinan dan pengurus partai se- Maluku di Kota Ambon, Selasa (16/03/2021). 

Ketua DPD Partai Demokrat Maluku Roy Pattiasina kepada wartawan memastikan, maksud dan tujuan digelarnya rakorda, salah satunya adalah sikap mereka terhadap  Kongres Luar Biasa (KLB) Deli Serdang Sumatera Utara yang dihadiri 11 delegasi dari Maluku.

Berbicara kepada wartawan usai menyerahkan dokumen partai di Kantor Wilayah Hukum dan HAM Provinsi Maluku, Islamic Center, Waihaong Ambon, Senin (15/03/2021), Pattiasina meminta kader Demokrat di Maluku tetap tenang, karena Denokrat yang sah adalah Demokrat bersama SBY.

"Jadi, besok (Selasa), kita akan melakukan rakorda dengan Ketua DPC dan Anggota Fraksi se- Maluku.  Kita akan rapat bersama," tegas Pattiasina. 

Ditanya soal AD/ART Partai yang dipakai sebagai acuan, apakah AD/ART 2020 atau AD/ART 2005, Pattiasina menyebut AD/ART 2020 karena sudah ditetapkan oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

"Kan kita punya AD/ART 2020 sudah ditetapkan oleh Kemenkumham. Jadi, itu tetap sah. Yang tidak sah itu, yang mereka punya," tegas Pattiasina.

Terkait dengan pertemuan bersama Kanwil Hukum dan HAM  Maluku, Pattiasina mengatakan, dokumen yang diserahkan adalah AD/ART Partai yang menjadi acuan dilakukan KLB, serta Surat Keputusan (SK) Pengurus Partai Demokrat, yang mana dalam SK itu, terdapat nama-nama yang memiliki hak suara.

Sebelumnya, dalam jumpa pers pekan lalu di Ambon, Pimpinan 11 Delegasi Maluku yang mengikuti KLB Deli Serdang Marcus Pentury menyebut Kongres V Partai Demokrat di Jakarta yang berakhir dengan terpilihnya AHY sebagai Ketua Umum inkonstitusional.

Olehnya, Pentury menegaskan, Kongres V yang juga menetapkan AD/ART 2020 dicap tidak sah dan inkonstitusional karena forum kongres dikatakan tidak membahas rancangan perubahan AD/ART 2005.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00