Gubernur: Anggaran Pilkada di 4 Kabupaten Kota Segera Dicairkan

KBRN, Ambon : Gubernur Maluku Murad Ismail menyampaikan  penegasan kepada empat kabupaten yang akan melaksanakan pilkada serentak tahun 2020 untuk segera mencairkan anggaran kepada KPU dan Bawaslu. 

Penegasan itu disampaikan Gubernur Murad Ismail dalam sambutan tertulis yang dibacakan Staf Ahli Bidang Hukum dan Pemerintahan Saleh Thio, Selasa (07/07/2020), sebelum melounching Pengawasan Pilkada Serentak 2020 di Swissbell Hotel Ambon.

"Kepada empat Pemda kabupaten penyelenggara pilkada, saya tegaskan agar sesegera mungkin menyelesaikan pencairan dana pilkada kepada KPU dan Bawaslu di kabupaten masing-masing," tegas gubernur, dikutif Saleh Thio.

Masih terkait anggaran pilkada, gubernur meminta KPU dan Bawaslu agar dalam menggunakan anggaran yang tersedia, harus benar-benar dikelola secara efisien dan efektif sehingga bukan hanya sukses pelaksanaan, tetapi juga sukses pertanggungjawaban.

Ditegaskan gubernur, selaku  institusi yang berwenang dalam hal  pengawasan, Bawaslu hendaknya peka terhadap isu-isu yang berpotensi konflik cukup tinggi, seperti penetapan  Paslon, data pemilih, penggunaan alat peraga, politik uang, kampanye hitam,  netralitas ASN dan lain-lain.

"Saya memberikan apresiasi dan penghargaan kepada jajaran KPU dan Bawaslu Provinsi Maluku yang cepat tanggap terhadap perkembangan situasi di daerah meskipun di tengah situasi pandemik covid," puji gubernur.

Lebih jauh gubernur mengajak pemerintah kabupaten dan seluruh elemen masyarakat di empat kabupaten untuk baku-kele bersama-sama penyelenggara pilkada demi suksesnya Pilkada serentak 2020. 

"Mari kita ciptakan pilkada berkualitas, agar menghasilkan pemimpin yang berkualitas untuk kemajuan dan kesejahteraan bersama.”, tuntas gubernur.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00