Ramly Umasugi Tersangka, Partai Golkar: Jadi Ancaman & Harus Dibenahi

KBRN, Ambon : Ditetapkannya Ramly Umasugi sebagai tersangka menjadi ancaman dan kelemahan bagi Partai Golkar dan harus segera dibenahi guna menghadapi agenda-agenda dan tahapan pemilu (pileg, pilpres & pilkada) yang kedepan akan mulai dilakukan. 

Demikian pendapat Pengamat Politik dari Universitas Pattimura (Unpatti) Said Lestaluhu, Jumat (27/5/2022).

Dikatakan, agenda-agenda politik yang makin dekat membutuhkan konsolidasi internal dan memperkuat soliditas antar pengurus dalam menjalankan tugas dan fungsi-fungsi kepartaian pada semua level struktur partai di tingkat provinsi, dan kabupaten/kota. 

Saat ini menurut  Lestaluhu yang juga Dosen Fisip Unpatti, bahwa pengurus DPD ataupun  Kader Golkar lainnya harus berkoordinasi dengan DPP guna mengambil langkah-langkah strategis untuk melakukan tindakan penyelamatan terhadap situasi kepemimpinan DPD Golkar saat ini. 

Secara terpisah, Wakil Ketua Bidang Organisasi DPD Partai Golkar Maluku. Subhan Pattimahu menyebutkan, demi jalannya roda organisasi maka selaku kader ia harapkan DPP Partai Golkar dapat sesegera mungkin menurunkan Pelaksana Tugas (Plt) sehinggga proses konsolidasi partai dalam rangka pemenangan Airlangga Hartarto berjalan dengan baik dan masif.

Dirinya mengingatkan, Golkar sebagai Partai Besar sangat ketat dalam penegakan aturan dan mekanisme, kalau tidak salah bahwa ada pakta integritas yang  ditanda tangani para ketua DPD Golkar jika tersangkut hukum. 

“Kami mintakan kepada Ketua Umum DPP Partai Golkar agar dapat menjalankan sesuai Pakta Integritas yang telah ditanda tangani oleh para Ketua DPD Partai Golkar terpilih bahwa manakala tersangkut kasus hukum dan berstatus tersangka maka harus mengundurkan diri,” ujarnya. 

Pattimahu menambahkan kader Golkar harus berjiwa besar dan berintegritas. Karena itu yang bersangkutan dapat fokus pada proses proses pemeriksaan lanjutan dalam status tersangka.

Pattimahu sendiri prihatin dengan kondisi ditetapkannya Umasugi sebagai tersangka.

Sebagai warga negara yang baik lanjutnya, maka siapapun harus menghargai putusan Hukum dan Partai Golkar akan siapkan Kuasa Hukum apabila diminta oleh Ramly Umasugi agar dia bisa terbebas dari kasus yang sedang menjeratnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar