Besok, DPRD Undang Sekkot Ambon Bahas Pembentukan Panitia Pilkades

KBRN, Ambon: Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kota Ambon direncanakan bakal digelar pada 7 Maret 2022 mendatang. 

Proses ini akan diikuti oleh sebanyak delapan desa dan satu negeri adat, masing-masing desa Wayame, Negeri Lama, Poka, Hunuth, Nania, Waiheru, Latta, Galala dan Negeri Hative Kecil.

Kendati Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon sudah merencanakan pelaksanaan Pilkades tersebut, namun panitia kegiatan dimaksud belum juga dibentuk, baik panitia kota sendiri maupun panitia di tingkat desa.

Menyikapi hal ini, Ketua Komisi I DPRD Kota Ambon, Zeth Pormes mengatakan, komisi I telah mengagendakan untuk melakukan pertemuan dengan Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon, Agus Ririmasse.

Pertemuan itu untuk menanyakan pentahapan dan kesiapan Pemerintah Kota dalam menyongsong Pilkades 2022. Kemudian, pihak Komisi juga akan membahas terkait pembentukan tim panitia PIlkades baik kota maupun desa.

"Kita rencanakan besok memanggil pak Sekkot untuk menanyakan hal ini," kata Pormez kepada RRI di Gedung DPRD Ambon, Rabu (26/1/2022)

Menurutnya, ada beberapa kendala yang diperoleh dari hasil rapat komisi bersama badan anggaran Pemkot dan BPN masing-masing desa. Yang mana, panitia kota belum memiliki SK panitia sehingga mereka tidak memiliki dasar hukum untuk bekerja.

Kemudian, dari segi penganggaran, ada yang menjadi tupoksi keuangan kota melalui dana hibah dan ada juga yang menjadi tanggungjawab desa dari ADD. 

Supaya semua ini sinkron, maka perlu ada pertemuan dengan pihak-pihak terkait termasuk Sekkot Ambon, Agus Ririmasse.

"Nah untuk itu besok kita sinkronkan berapa pos anggaran yang menjadi tanggungjawab Pemkot, dan berapa yang harus dianggarkan oleh desa yang akan melaksanakan pilkades," tukas Politisi Golkar itu. (Rafsanjani)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar