Halil Kastella Kecewakan Komisi III DPRD Maluku

KBRN, Ambon : Sikap tidak proaktif Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BPPW) Maluku, Abdul Halil Kastella untuk hadir dalam rapat-rapat resmi, menjadi sorotan Komisi III DPRD Maluku.

Komisi III menilai sikap Halil Kastella yang tidak pro aktif, tak hanya memberikan dampak buruk terhadap hubungan kemitraan, juga berpengaruh terhadap upaya pemerintah daerah memperjuangkan penambahan anggaran di pusat.

Dalam rapat komisi yang berlangsung, pada Jumat (14/01/2022) kemarin, anggota Komisi III memberikan tekanan pada perwakilan staf BPPW Maluku yang diutus mewakili Kastella pada rapat komisi. 

Wakil Ketua Komisi III Hatta Hehanussa misalnya, ia mengatakan bahwa banyak persoalan pembangunan yang ditemui anggota DPRD Maluku saat melakukan reses ke daerah-daerah yang ingin disampaikan secara langsung kepada pimpinan balai untuk disikapi, namun yang bersangkutan tidak pro aktif menghadiri sidang.

“Sebagai pimpinan, yang bersangkutan mestinya harus hadir. Jangan alasan sakit dan sakit sehingga terus diwakili. Kalau sikapnya seperti itu, kebijakan-kebijakan yang ingin kita dikoordinasikan tidak akan bisa jalan," ketus Hehanussa.

Politisi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) itu mencontohkan, beberapa Petunjuk Teknis (Juknis) Program yang diminta beberapa kali untuk disampaikan ke komisi tak kunjung diberikan.

Padahal menurutnya, dengan Juknis itu, Komisi III akan mendapatkan pencerahan mengenai struktur anggaran BPPW pada program kegiatannya.

“Bagaimana mungkin kita tahu soal kegiatan A, B, C dan D,  kalau Juknis yang diminta tidak pernah diberikan, “kesal Hehanussa.

Belum lagi, berbagai temuan di lapangan yang sering disampaikan pada rapat, tidak pernah ditindaklanjuti, seperti persoalan  air bersih pada tahun anggaran 2021.

“Bagaimana kita mau koordinasi soal usulan masyarakat, kalau pimpinannya saja seperti itu. Anda tahu, banyak program pada BPPW yang betul betul strategis untuk membuka keterisolasian dan berdampak mengatasi kemiskinan. Namun kepala balainya pun cuek-cuek saja, “ujar Hehanussa.

Terkait dengan itu, Hatta menegaskan, sikap Abdul Halil Kastela yang kurang menjaga hubungan kemitraan yang harmonis bersama DPRD akan dilaporkan ke pusat pada saat penyampaian aspirasi dalam waktu dekat.

“Ya, sudah pasti akan kita laporkan, berhubung beberapa waktu ke depan ini, seluruh komisi akan bertolak ke Jakarta dalam rangka penyampaian aspirasi,” pungkas Hehanussa.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar