Raker Komisi IV DPR RI, AT Minta Presiden Proses Regulasi M-LIN

KBRN, Ambon : Anggota DPR RI Abdullah Tuasikal (AT) meminta Presiden Joko Widodo melalui Menteri Kelautan dan Perikanan untuk segera memproses regulasi yang terkait dengan Maluku Lumbung Ikan Nasional (M-LIN).

Permintaan itu tertuang dalam kesimpulan akhir Rapat Kerja Komisi IV DPR RI bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di Senayan Jakarta, belum lama.

"Kita kan ada 4 anggota DPR RI dan 4 anggota DPD RI. Kita sama-sama berjuang melalui komisi kita. Siapa yang bertanggungjawab untuk RUU Daerah Kepulauan, siapa yang M-LIN. Kalau saya fokusnya ke M-LIN," kata AT kepada RRI di Ambon, Selasa (08/07/2021), di sela-sela Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) Partai Nasdem Maluku.

Diakui, sampai saat ini, belum ada regulasi atau payung hukum yang dikeluarkanpemerintah terkait M-LIN, sehingga menjadi perhatian serius dan tanggung jawab empat anggota legislator dan empat senator asal Maluku di Jakarta. 

Sebelumnya, Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono dalam Focus Discussion Group (FGD) bertajuk 'Pembangunan Industri Maritim Dalam  Rangka Mewujudkan Kesejahteraan Rakyat Maluku' di Swissbell Hotel Ambon, Kamis ( 03/07/2021) mengingatkan, sampai saat ini, pemerintah belum mengeluarkan payung hukum bagi M-LIN, baik dalam bentuk UU, Kepres atau ainnya.

Hal itu menunjukkan belum adanya keseriusan pemerintah atau masih setengah hati, karena tanpa payung hukum, harapan pemerintah dan masyarakat Maluku mewujudkan Lumbung Ikan Nasional sebagai jembatan menuju kesejahteraan tidak akan tercapai. 

"Kalau M-LIN sudah punya payung hukum, kementerian terkait dengan sendirinya akan merancang program-program strategis dan mendapat porsi dari APBN," ingat Sampono.

Namun Deputi I Kantor Staf Presiden (KSP) Bidang Infrastruktur, Energi dan Investasi Febry Calvin Tetelepta dihubungi RRI melalui saluran telepon mengatakan, M-LIN telah dimasukkan dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) sehingga tidak ada masalah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00