Richard Rahakbauw Minta Maaf Kepada Insan Pers

KBRN, Ambon : Ketua Komisi III DPRD Maluku, Richard Rahakbauw menyampaikan permintaan maaf kepada insan pers di Maluku atas kekhilafannya melarang salah satu jurnalis mengambil gambar dalam rapat kerja bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Jumat (04/06/2021).

"Saya meminta maaf kepada teman-teman pers, karena memang kemarin, saya membuat kesalahan dengan menghentikan kerja dari salah satu rekan pers, yang sementara meliput kegiatan Komisi III. Hal itu bagi saya sangat fatal sekali,” kata Rahakbauw kepada wartawan, Sabtu (05/06/2021).

Diakui, pers adalah garda terdepan dalam mempublikasikan informasi aktual kepada masyarakat, termasuk kerja-kerja kedewanan, sehingga saat itu juga dia langsung menyampaikan permohonan maaf kepada wartawan bersangkutan.

"Setelah rapat, saya keluar, saya datangi yang bersangkutan, kemudian saya meminta maaf. Saya saat itu menganggap masalah ini sudah selesai, dalam artian bahwa dengan meminta maaf berarti saya sudah mengakui kesalahan saya. Namun, belakangan ada pemberitaan-pemberitaan miring tentang saya, bahwa saya melakukan pengusiran, saya rasa itu salah,” beber Rahakbauw.

Diluruskan, pada saat rapat kerja dewan, wartawan dimaksud  diketahui tidak menggunakan kartu pers DPRD sebagai tanda pengenal dalam melakukan aktivitas peliputan di DPRD Provinsi Maluku.

“Saya berpikir, ini wartawan atau bukan, karena tidak menggunakan kartu pers, walaupun ada yang meyakinkan bahwa itu wartawan. Karena wartawan yang ingin meliput itu harus menggunakan kartu pers DPRD, sehingga kita bisa mengenalinya,” ujar RR.

Ia hanya ingin menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah melarang wartawan untuk meliput, karena wartawan adalah mitra kerja DPRD Maluku. 

Ia juga menyatakan bahwa, dirinya tidak ingin melimpahkan kesalahan bagi wartawan yang bersangkutan, karena dirinya juga merasa lalai.

“Permintaan maaf ini juga disampaikan kepada wartawan yang bersangkutan, dan juga lembaga pers serta dewan pers, karena langkah-langkah yang saya ambil kemarin salah, sehingga menyebabkan kekacauan di publik, dengan pemberitaan-pemberitaan yang tidak bisa diterima oleh rekan-rekan pers yang lain. Intinya, atas nama pribadi dan keluarga, juga seluruh anggota Komisi III, saya sekali lagi meminta maaf,” tandas Rahakbauw

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00