Kader Beringin Goyang Ramly Umasugi

KBRN, Ambon : Aroma ketidakharmonisan diam-diam mulai tercium di tubuh DPD Golkar Maluku pimpinan Ramli Umasugy. Kader beringin mulai lantang menyuarakan evaluasi untuk mengembalikan kedigjayaan Partai Golkar di Negeri Raja-Raja.

Ketua Bidang Organisasi DPD Golkar Maluku Subhan Pattimahu dalam rilisnya yang diterima RRI, Kamis (06/05/2021) menyebut,  sejak awal kepemimpinannya, Ketua DPD Golkar Maluku Ramly Umasugi tidak punya itikad baik untuk merangkul sesama kader. Semua yang dilakukan terkesan karena keterpaksaan dan selalu beralasan situasional. 

Dalam perjalanan satu tahun lebih, DPD Golkar Maluku belum juga dilantik sehingga secara defacto dan dejure belum terpenuhi. Ketua DPD Golkar Ramly Umasugi bahkan tidak pernah menetapkan atau menentukan arah partai kemana, tidak ada rakerda sehingga program bidang pun tidak ada.

Menurut Subhan dkk, dalam proses konsolidasi kurang lebih terdapat 5 (lima) Musda yang ditarik ke DPD Golkar Maluku. Ini mengindikasikan ada dualisme di tubuh DPD Golkar Kabupaten Kota dan terjadi perpecahan. Umasugi dicap sengaja membiarkan konflik musda berlarut-larut hingga  mengganggu konsolidasi organisasi hingga Desember 2021.

Lebih jauh disebutkan, kondisi kepengurusan yang bergonta ganti atas usulan Umasugi, tanpa mekanisme rapat pleno yang menjadi keputusan tertinggi sesuai  AD/ART Partai, menyulitkan Golkar Kabupate Kota untuk berkoordinasi, termasuk DPD Golkar Provinsi sendiri yang sulit berkoordinasi khususnya organisasi sayap. 

Belum lagi, kekalahan Golkar di tiga kabupaten pada Pilkada serentak 2020 yang menjadi catatan buruk perjalanan Partai Golkar sepanjang kurun waktu tiga puluh tahun terakhir. Kelalahan itu, kata Subhan,  disebabkan lemahnya konsolidasi partai dengan tidak melibatkan instrument partai seperti ormas, sayap, para senior Golkar. 

Dikuatirkan, dengan kepemimpinan Ramly Umasugi seperti ini, akan mengancam seluruh proses menuju Suksesi Pilkada, Pilpres dan Pileg 2024, termasuk membawa Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto ke kursi Presiden RI.

Olehnya, Subhan dkk meminta Ketua Umum DPP Partai Golkar segera mengevaluasi Ramly Umasugi sebagai ketua DPD Partai Goklar Maluku dengan menurunkan karateker pimpinan DPD Partai Golkar Maluku.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00