Miliki Sumber Daya Atlet Potensial, Olahraga Maluku Saatnya Diprioritaskan

KBRN, Ambon : Sudah saatnya semua pihak berkomitmen untuk membangun Maluku dari sisi olahraga, dengan memprioritaskan pembinaan atlet usia dini hingga mencetak top atlet yang mampu berkompetisi di level regional hingga internasional. 

Mengingat lewat prestasi para atlet, nama Provinsi Maluku bahkan Indonesia dapat dikenal, bahkan yang paling penting Bendera Merah Putih bisa berkibar di luar negeri.

Demikian disampaikan Akademisi Olahraga Maluku, Dr. Albert Fenanlampir.

Dikatakan, Maluku begitu terkenal dengan sumber daya atlet potensial. Sayangnya, untuk menunjang proses pembinaan atlet, tidak ada satu pun fasilitas olahraga yang bertaraf internasional. Olehnya itu, Maluku tidak layak menyelenggarakan sebuah kejuaraan yang bertaraf internasional.

"Coba liat Kota Ambon, masih menggunakan fasilitas provinsi. Kota Ambon tidak ada membangun apa-apa untuk menunjang olahraga," ujar Fenanlampir.

Menurutnya, fasilitas berupa stadion milik provinsi sudah kadaluarsa. Ketika mencetak atlet di stadion tersebut, prestasinya tidak bisa dihitung sebagai prestasi nasional apalagi internasional.

Olehnya itu, saatnya olahraga Maluku dibangun dan ditunjang dengan sarana prasaran bertaraf internasional.

Lanjut Fenanlampir, membangun sarana prasarana bukan hanya untuk kebutuhan olahraga, namun kebutuhan Maluku secara umum lewat kolaborasi antara olahraga dan pariwisata.

"Dengan adanya sarana prasarana dengan sendirinya akan menambah pendapatan bagi daerah," tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar