Bangun Prestasi Olahraga Maluku, Fenanlampir Siapkan Grand Design 

KBRN, Ambon : Akademisi Olahraga Maluku Dr. Albert Fenanlampir mengatakan, dalam membangun olahraga  di Maluku, maka pembinaan prestasi harus terdesign secara baik agar berkesinambungan demi mencetak atlet berlevel nasional dan internasional.

Ia mengaku hingga kini Maluku tidak memiliki desain besar (grand design) sehingga prestasi olahraga Maluku selalu naik-turun dan tidak linear. Hal itupun nyata dari keikutsertaan di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON).

"Saya telah merancang grand design olahraga yakni "Menuju Maluku Emas 2035" dan telah dipaparkan dalam kegiatan seminar hingga dalam diskusi bersama KONI Maluku dan Dispora Maluku. Namun dibutuhkan sinergitas semua pihak," jelasnya Fenanlampir.

Grand design menuju maluku  emas 2035 lanjutnya, telah ditetapkan 6 (enam) program prioritas diantaranya, pembinaan atlet baik atlet lapis satu, lapis dua, hingga usia dini secara spesifik dan berkesinambungan. Program lainnya, meningkatkan kualitas wasit dan pelatih.

"Pelatih kita harus berlisensi, agar dalam proses pelatihan tidak membuat para atlet mengalami cidera dan sebagainya. Begitu halnya dengan wasit. Maluku saat ini hampir tidak memiliki wasit yang bertugas di level PON, apalagi di level internasional," ujarnya.

Selain itu, perlu adanya peningkatan frekuensi kompetensi, yang dipastikan melahirkan atlet potensial, serta mengoptimalisasi seluruh fasilitas olahraga.

"Jika fasilitas atau sarana prasarana dioptimalisasi, dan seluruh kegiatan olahraga bekerjasama dengan pariwsata, maka sport tourism bisa berjalan dan mendatangkan income bagi Maluku," tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar