Kain Gandong dan Tari Lenso Sambut Kloter Terakhir Kontingen PON Maluku di Papua

KBRN, Jayapura : Ratusan warga Papua asal Maluku, Selasa (28/09/2021), memadati Bandara Sentani Kabupaten Jayapura, Papua. Mereka datang untuk menyambut Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno yang memimpin langsung kloter terakhir Kontingen PON Maluku.

Massa mulai memadati areal parkir Bandara Sentani sekitar pukul 12.00 WIT. Dengan mengenakan pakaian dan lenso adat khas Maluku, mereka menunggu kedatangan pesawat Garuda Indonesia yang membawa rombongan Wagub dari Timika Kabupaten Mimika.

Tiba di Bandara Sentani sekitar pukul 13.00 WIT, Wagub dan rombongan langsung disambut dengan meriah di depan pintu keluar Bandara Sentani. Belasan ibu-ibu berkebaya putih yang siap dengan kain gandong, kemudian bergerak memagari Wagub Orno dan rombongan, sebelum ditutup dengan Tari Lenso.

Ikut bersama Wagub antara lain Dansat Brimob Polda Maluku Muhammad Guntur, Kepala Dinas Pendapatan Jalaluddin Salampessy, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sandy Wattimena, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Haris Anwar dan Ketua Satgas Pelatda Jan Haumasse. 

Warga Papua asal Maluku sangat antusias menyambut kedatangan Wagub Orno dan rombongan di tanah Papua. Mereka berharap, Gubernur Murad Ismail dan Walikota Ambon dapat menghadiri acara Pembukaan PON XX yang dijadwalkan berlangsung pada 2 Oktober 2021.

Atlet PON yang diberangkatkan pada kloter terakhir ini adalah atlet Tinju, atlet Karate, atlet Kempo dan atlet Catur.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00