Komunitas Basudara Maluku Global Akan Bangun Sekolah Bola di Maluku

Proses penyerahan piala kepada juara dalam aja v BMG Festival.jpg

KBRN, Ambon: Komunitas Basudara Maluku Global (BMG) menggelar BMG Futball Festival Salahutu A Series. Kegiatan tersebut melibatkan anak -anak usia 10 & 12 tahun. 

Pendiri Komunitas Basudara Maluku Global, Iwan Muskita mengatakan pelatihan yang dilakukan ini adalah untuk menjadikan anak-anak Maluku sebagai tulang punggung pesepakbolaan dimanapun di dunia ini. 

BMG akan melaksanakan turnamen besar di tahun ini. Dalam turnamen tersebut akan terpilih 22 anak usia 10 tahun dan 22 anak usia 12 tahun, yang kemudian bakal menjadi tim elit BMG.

"Artinya mereka yang masuk dalam tim elit ini akan mendapatkan  pelatihan, pembinaan yang insentif, sehinga mereka akan memotivasi anak -anak yang lain untuk bekerja lebih keras masuk ke dalam tim elit ini. Karena tim elit ini akan menjadi bagian dari SSP BMG,"jelas Iwan Muskita.

Menurutnya, BMG telah melakukan kolaborasi dan komunikasi dengan Asprov PSSI, sehingga dalam waktu dekat BMG akan membentuk sekolah bola untuk menampung anak-anak yang masuk dalam tim elit. 

"Dari program ini, kita melihat 5 hingga 10 tahun ke depan, anak- anak ini dipersiapkan menjadi pemain yang tidak hanya memiliki keahlian bermain bola namun yang paling penting memiliki ketangguhan di dalam karakter, karena pemain berkarakter akan memiliki jalan yang lebih panjang," kata Muskita. 

BMG berharap anak-anak ini akan menjadi pemain bola profesional di Indonesia bahkan di club-club internasional. 

"Ini harapan kami anak -anak dari Maluku dapat menunjukan keahlian mereka, sehingga bisa masuk dalam.liga liga di Indonesia, bahkan berharap di Club- club internasional,"harap Iwan Muskita.

Sementara itu Koordinator BMG di Maluku, Rory Dompeipen menjelaskan, festival yang digelar saat ini merupakan kegiatan ke dua kalinya oleh BMG di Maluku. Yang pertama berlangsung di Hila yakni Seri Leihitu. 

"Kalo ini BMG Futball Festival Salahutu A Series. Jadi ini pendektannya kampung, ada Suli, Tial, Tengah- tengah, Wai, Oma. Jadi kita fokus untuk binanya di situ," jelas Rory.

Dikauinya, sejauh ini BMG telah memberikan bantuan untuk latihan kepada anak-anak di Maluku berupa 650 bola dan Sepatu sebanyak 405 pasang. 

"Jadi tahap awal ini kita fokus pada pembinaan karakter karena pemain profesional itu harus memiliki karakter,"ungkapnya.

Menururnya, selain menyasar ke Leihitu dan Salahutu, pihaknya juga telah membina anak-anak di lima desa di Kabupaten Maluku Barat Daya. 

Dalam BMG Futball Festival Salahutu A Series diberikan sejumlah hadiah dan piala kepada tim juara. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00