"Andre Pelamonia" Gantikan Alm. Evan Bertarung di PON XX/Papua

KBRN, Ambon : Pasca meninggalnya atlet Pelatda PON Cabor Anggar Maluku, Evannelo Sameaputty (20), Pengprov Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) Maluku pun melakukan perekrutan untuk mengisi kekosongan pada nomor degen perorangan putra di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/Papua.

Pelatih Anggar Maluku, Agus Manuhutu, kepada RRI.co.id Kamis (29/07) menuturkan, berdasarkan keputusan bersama dipilihlah Andre Fritzy Pelamonia sebagai atlet pengganti Alm. Evan, untuk tampil di multieven empat tahunan yang digulirkan pada Oktober nanti. Mengingat sistim pertandingan akan terganggu, jika terjadi kekosongan pada salah satu nomor yang dipertandingkam. 

Andre Pelamonia adalah jebolan PPLP Maluku, dan tercatat sebagai salah satu atlet yang juga diterjunkan pada Pra kualifikasi PON tahun 2019 lalu. Bahkan Andre turut menjadi lawan sparring dari Alm. Evan saat menjalani program Pelatda.

"Pendaftaran sudah closing. Namun karena musibah, jadi tetap direkrut untuk mengisi kekosongan," kata Manuhuttu.

Dua bulan efektif jelang PON XX lanjut Manuhuttu, pihaknya bakal memaksimalkan fisik hingga teknik dari atlet Andre Pelamonia, meski nanti tidak membebaninya dengan target yang muluk-muluk.  Namun juga tidak menutup kemungkinan, Pelamonia bakal memberi kejutan saat tampil nanti.

Sementara itu, Humas KONI Maluku Izack Tulalessy mengaku, jika pihaknya telah menerima surat dari Pengprov IKASI Maluku perihal pergantian atlet, dan KONI Maluku telah mengajukan pengusulan ke KONI Pusat.

"Dengan adanya pergantian atlet, kekuatan kontingen Maluku di PON tidak berkurang," jelas Tulalessy.

Sebagaimana diketahui, selain Andre Pelamonia yang menggantikan Alm. Evan pada nomor degen perorangan putra, Cabor anggar juga meloloskan dua atlet putri yakni Olivia Resni Lesiasel dan Weldy de Fretes pada kelas Degen perorangan putri.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00