Sepak Bola Ambon Mati Suri, Jong Ambon Muncul

KBRN, AMBON- Wakil Walikota Ambon Syarif Hadler mengatakan kalau selama ini sepak bola di kota ini mati suri. Padahal, banyak pemain berbakat.

Olehnya, dengan berdirinya Jong Ambon Futbal Club dan Maluku FC, bisa membawa angin segar bagi kemajuan perkembangan sepak bola di Kota Ambon.

"Seperti yang saya sampaikan bahwa sepak bola kita ini mati suri. Keberadaan dua klub di Kota Ambon, Jong Ambon dan Maluku FC, saya punya harapan dan punya kewakinan yang kuat bahwa sepak bola Ambon mulai bangkit," kata Syarif Hadler saat melauncing Jong Ambon FC di Tribun Lapangan Merdeka, Kamis 15 April 2021.

Ia menjelaskan, sepak bola di sini berbeda dengan luar negeri, di mana semua klub dijadikan perusahaan, sehingga dapat mengembangkan diri dengan baik. Karena itu, semua stakholders dapat bergandengan tangan untuk memajukan sepak bola di Ambon ini.

"Roh sepak bola di kota akan bangkit. Tapi, semua harus ikut membantu bergandengan tangan memajukan sepak bola. Tidak muda mengurus sepakbola karena harus memiliki sebuah perusahan. Di luar itu dikembangkan melalui perusahaan. Kalau anak-anak kita bisa besar di luar kenapa di sini tidak?," harapnya.

Sebelumnya, Presiden Jong Ambon Ronny Sapulette menjelaskan kalau Jong Ambon sudah memiliki legalitas karena telah mengantongi surat izin dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

"Jong Ambon ini sudah lama. Hadirnya Jong Ambon, tidak muluk-muluk bahwa selama ini sepak bola mati suri, karena itu  kita ingin bangkitkan lagi," ucapnya.

Sementara Ketua Asprov PSSI Maluku Sofyan Chang Lestaluhu mengatakan, di erah 90 an terdapat pemain-pemain Ambon yang mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional, begitu juga di tahun 2000 an.

Ia menjuga mengatakan Asprov PSSI Maluku merpakan salah satu Asprov terbaik di Indonesia yang berhasil menyelnggarakan semua agenda PSSI.

"Kita sudah laksanakan seluruh kalender nasional yang ada pada kami. Ada tiga kasta komptensi Liga, yakni Liga I, Liga II dan III. Kita sudah lakukan, dan  dorongan untuk membentuk klub sepak bola dan SSB. Dengan kehadiran Jong Ambon dan Maluku FC, maka kami akan memperjuangnayan untuk menjadi anggota Liga," tandasnya

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00