Unpatti Gelar Olimpiade Nasional MIPA Tingkat Universitas

KBRN, Ambon : Bidang Kemahasiswaan dan Alumni menggelar seleksi Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON-MIPA PT) tahun 2022 tingkat Universitas Pattimura, yang meliputi empat bidang ujian yaitu, Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi. 

Olimpiade ini diikuti oleh peserta mencapai 65 mahasiswa dari berbagai fakultas di lingkungan Universitas Pattimura, dan dibuka oleh Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. M.J. Saptenno. 

Rektor dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini sangat penting dilakukan  untuk mencari bibit unggul di Universitas Pattimura dalam bidang MIPA sehingga mampu berkompetisi di tingkat nasional maupun internasional. 

"Tim penilai dalam melakukan penilaian harus bersifat objektif sehingga dapat melihat kemampuan dari masing-masing peserta yang akan berlomba pada tingkat Wilayah, Nasional maupun Internasional,” ujarnya.

Rektor berharap kedepan mahasiswa unpatti akan mengikuti berbagai ajang  kompetisi dan mampu membawa nama Unpatti lebih harum di kancah internasional. Lebih dari itu kegiatan ini juga diharapkan mampu membangkitkan semangat mahasiswa, agar mampu  berkompetisi secara cerdas dan sportif. 

Sementara itu, Francis Y. Rumlawang dalam laporannya mengatakan, ON MIPA merupakan kompetisi nasional bergensi yang diadakan setiap tahun dan para peserta disaring dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia dimulai dari tingkat universitas, wilayah/regional, nasional dan Internasional. 

Dikatakan pula tahun ini ON MIPA berlangsung secara daring maupun luring, dengan 3 tahapan yaitu seleksi tahap awal dengan melibatkan 65 peserta dari 5 Fakultas yaitu Fakultas MIPA, Pertanian, Teknik, Kedokteran, Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Selanjutnya dipilih 5 mahasiswa terbaik untuk seleksi dtingkat Regional yang akan diselenggarakan secara daring dari tanggal 23-24 Juli 2022. 

“Merupakan suatu kebanggaan bagi mahasiswa yang mewakili Universitas Pattimura untuk mengikuti selekasi ditingkat Regional. Perlu adanya pembinaan dari dosen ahli dibidang terkait guna membekali mahasiswa dalam berkompetisi. Diharapkan kegiatan ini dapat berjalan dengan baik, dan siapapun yang terpilih pada tingkat Universitas Pattimura, mampu bersaing di tingkat regional maupun Nasional," tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar