Mahasiswa Unpatti Diberi Edukasi Terkait HIV/AIDS 

KBRN, Ambon : Mahasiswa Universitas Pattimura khusus penerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah) Angkatan 2021 mengikuti sosialisasi HIV-AIDS, berlangsung di Auditorium Unpatti Ambon.

Kegiatan yang dihadiri oleh Kepala Biro AKPHM, para Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Koordinator Kemahasiswaan dan Humas, menghadirkan 2 pemateri yaitu  Rosa Pentury selaku Direktur Yayasan Pelangi Maluku, dengan topik “HIV/AIDS : Penyebab, Pencegahan dan Penanggulangannya” sementara narasumber yang kedua yakni Dr. Jusuf Madubun selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unpatti, dengan topik “Kiat Mahasiswa Menghindari Diri Dari Faktor Penyebaran HIV”.

Dalam arahannya, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Jusuf Madubun mengatakan, sosialisasi HIV/AIDS merupakan kegiatan tahunan yang digelar oleh Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Pattimura dengan Yayasan Pelangi Maluku bagi mahasiswa penerima beasiswa KIP, dengan tujuan meningkatkan pemahaman dan kepedulian generasi muda terhadap isu HIV/AIDS serta resiko penularannya

"HIV/AIDS sangat berbahaya, untuk itu sejak dini kita perlu melakukan pencegahan diri dari pergaulan lingkungan yang buruk," ujar Madubun.

Dalam sosialisasi tersebut lanjutnya, turjt dilakukan pengambilan sampel darah/tes HIV bagi mahasiswa peserta KIP untuk mendeteksi gejala HIV di dalam tubuh sehingga dapat ditangani sejak dini, dan bisa segera memulai pengobatan dan melakukan perubahan perilaku serta gaya hidup. 

“Semakin cepat infeksi HIV ditangani, semakin baik pula pengendalian virus tersebut di dalam tubuh," tuturnya. 

Diakhir sambutan, Madubun turut memberikan apresiasi kepada Yayasan Pelangi Maluku yang telah berkolaborasi dengan Unpatti demi meningkatkan pemahaman dan pengetahuan terkait HIV/AIDS kepada mahasiswa melalui sosialisasi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar