Unpatti-BI Laksanakan Program Bank Indonesia Mengajar

KBRN, Ambon :  Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku bekerjasama dengan Universitas Pattimura, melaksanakan Program Bank Indonesia Mengajar. 

Kegiatan yang digelar melalui platform zoom meeting, dalam rangka memperingati  HUT BI ke-68 dan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 tahun, sekaligus sebagi bentuk sumbangsih Bank Indonesia terhadap kemajuan pendidikan masyarakat Indonesia.

Diikuti oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. F. Leiwakabessy, M.Pd., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Jusuf Madubun, M.Si, Tenaga Fungsional dan Tenaga Kependidikan pada bagian Kemahasiswaan dan Alumni serta 450 mahasiswa Universitas Pattimura, Senin (09/08).

Rektor Universitas Pattimura, Prof. M. J. Saptenno, dalam sambutannya mengatakan tema kegiatan ini yakni "Memperkuat Inovasi, Sinergi dan Kepedulian Sosial, Sebagai Kontribusi Bagi Pemulihan Ekonomi Indonesia". 

Tema ini lanjutnya, sangat menarik untuk disampaikan terutama ketika Indonesia dan dunia dilanda pandemi Covid-19 selama 2 tahun terakhir. Situasi yang berdampak luar biasa terhadap semua aspek kehidupan bangsa dan negara baik aspek ekonomi, kesehatan, pendidikan, sosial, politik serta hukum dan membutuhkan kepedulian semua elemen termasuk mahasiswa sebagai kelompok elit pada perguruan tinggi, serta pemahaman yang utuh terhadap kondisi ini, sehingga mampu mengambil tindakan bijaksana dan terus menciptakan inovasi.

"Pandemi membutuhkan inovasi dari kita semua termasuk inovasi dari mahasiswa," ujar Rektor. 

Rektor berharap materi yang diberikan mampu mendorong mahasiswa untuk tidak berleha-leha dan saling mempersalahkan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. 

"Sebagai mahasiwa  harus berpikir objektif, positif, kreatif dan mampu untuk mencari alternative pemecahan. Mahasiswa diharapkan mengembangkan inovasi, menjadi  fighter untuk mengembangkan potensi diri, dan menjadi pioneer untuk melakukan perubahan-perubahan," harapnya. 

Program ini tambah Rektor, bertujuan untuk mendorong dan membantu menjalanan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, yang pada akhirnya tercipta kerjasama dan kolaborasi dengan BI terkait magang, penelitian, pengabdian dan studi berkelanjutan bagi mahasiswa Universitas Pattimura. 

Sebagaimana diketahui bahwa, Merdeka Belajar Kampus Merdeka menghendaki mahasiswa lebih kreatif, inovatif dan memberikan peluang melakukan aktivitas pembelajaran dimanapun, belajar tak berbatas, tidak hanya di ruang kelas, perpustakaan dan laboratorium, tetapi juga di desa, industri, tempat-tempat kerja, tempat-tempat pengabdian, pusat riset, maupun di masyarakat. 

"Semua ini dilakukan agar mahasiswa nantinya  mampu meningkatkan kompetensi lulusan, baik soft skills maupun hard skills, agar lebih siap dan relevan dengan kebutuhan zaman mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja," tutupnya.

Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan materi yang diberikan oleh Noviarsano Manullang, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku, dan mendapat antusias dari para mahasiswa yang memberikan tanggapan dan pertanyaan serta mengikuti quis kreatif.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00