Unpatti Gelar Bimbingan Test CPNS bagi Alumni dan Masyarakat Umum

KBRN, Ambon : Pusat Pengembangan Karir Universitas Pattimura menyelenggarakan Pelatihan Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil bagi para Alumni Universitas Pattimura dan masyarakat umum.

Kegiatan tersebut diikuti sekitar 45 orang sejak tanggal 5-30 Juli 2021, secara daring, yang terdiri dari sesi pelatihan oleh para trainer dan sesi latihan mandiri dilakukan oleh para peserta selama 2 jam efektif setiap hari.

Sebagai narasumber dalam pelatihan tersebut diantaranya Jantje Tjiptbudy selaku Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Universitas Pattimura, beserta 11 dosen pada Universitas Pattimura. 

Materi pelatihan meliputi Tes Inteligensi Umum (TIU) mencakup kemampuan verbal, kemampuan numerikal, dan kemampuan figural;  sementata Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)  yaitu nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara dan bahasa Indonesia, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) terkait pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, Teknologi Informasi dan Komunikasi, profesionalisme maupun anti radikalisme.

Ketua Pengelola Pusat Pengembangan Karir Universitas Pattimura, Dr. I Wayan Sutapa mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu dari tugas Utama Pusat Pengembangan Karier Universitas Pattimura. Sesuai dengan SK Rektor dimana Lembaga ini memiliki tugas  melakukan tracer study untuk Alumni, melaksanakan Expo dan job fair dan pelatihan dan bimbingan karir.  

Diikuti oleh 45 orang calon peserta pegawai negeri sipil dari berbagai bidang ilmu yang di harapkan semua peserta nantinya dapat lulus dalam seleksi CPNS tahun 2021. Meski digelar secara daring,namun disampaikan tidak mengurangi kualitas dari pelatihan.

Sementara itu, Koordinator Divisi Pelatihan dan Bimbingan Karir yang juga menjadi Ketua Tim Pelatihan SKD CPNS 2021 Paul Arjanto menambahkan, jika pelatihan tersebut ada indikatornya yaitu pre-tes dan post-tes diakhir kegiatan. 

Diharapkan dengan adanya kegiatan pelatihan ini maka kemampuan peserta dalam menjawab setiap sub tes pada SKD CPNS dapat meningkat, sehingga berdampak pada tingginya persentase peserta yang lulus dengan melampaui passing grade SKD CPNS 2021.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00