Warga Kota Ambon Dihimbau Waspada Pohon Tumbang dan Banjir Saat Cuaca Ekstrim

KBRN:Ambon-Seiring dengan adanya cuaca ekstrim yakni hujan dan angin kencang yang mengakibatkan pohon tumbang dan membahayakan keselamatan orang sekitar, serta mengakibatkan kemacetan, Santi warga Kota Ambon mengatakan, masyarakat harus melakukan tindakan mitigasi bencana dengan melapor ke instansi terkait apabilah melihat pohon-pohon yang ada di bibir jalan di Kota Ambon memiliki tanda -tanda akan roboh seperti tua dan kropos. 

Menurutnya, apabilah tindakan itu dilkukan warga maka peristiwa pohon tumbang di depan RST tidak akan terjadi. Selain itu peran pemerintah Kota Ambon dalam memeriksa dan meremajakan pohon-pohon yang ada di sepanjang bibir jalan di Kota Ambon harus dilakukan. 

"Berharap katong sebagai masyarakat membantu pemerintah kalo ada pohon yang sudah tua dan kropos untuk lapor agar segera di atasi, jadi tidak roboh dan membahayakan masyarakat," kata Santi, Senin (01/03/2021). 

Kepala BPBD Kota Ambon,  Demi Paais menjelaskan, pohon tumbang yang terjadi di depan RST pada Minggu (28/02/2021) sore itu adalah pohon beringin yang disebabkan angin kencang. Selain itu Paais menguraikan, dalam pekan kemarin (minggu terakhir Februari 2021) cuaca ekstrim Melanda Pulau Ambon. Akibatnya pohon tumbang dan menimpah rumah warga sehingga rusak. Kejadian itu terjadi di daerah Amahusu dan Latuhalat. Selain itu juga terjadi longsor akibat pergeseran tanah di daerah Soya Kayu Putih. 

"Kemarin sore terjadi hujan dan angin cukup kencang sehingga ada beberapa kejadian pohon tumbang salah satunya di depan RST," tuturnya. 

Masyarakat di himbau agar waspada dan berhati- hati karena akan masuk musim penghujan. Selain itu juga tampak Lalina. 

"Harus waspada karena kalo hujan deras bisa banjir dan angin kencang pohon bisa tumbang menimpah jalan dan juga rumah warga. Harus selalu hati-hati," himbaunya. 

Dari pantauan RRI di sejumlah ruas jalan di Kota Ambon, seperti Jl. Ahmad Yanni no 01 Kota Ambon, Jl. Urimeseng dan beberapa jalan lainnya, pohon trembesi berukuran besar dan rimbun tumbuh berjejer di atas trotoar. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00