FOKUS: #KONTROVERSI HABIB RIZIEQ

Informasi Bantuan Sosial Dari BPJS Kesehatan Hoaks

KBRN:Ambon- BPJS Kesehatan membantah secara tegas informasi yang beredar di media sosial terkait bantuan sosial tunai Rp 3.550.000. 

Elsa W. Tutuarima, Kepala Bidang SDM, Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Ambon kepada rri menegaskan, BPJS Kesehatan tidak pernah memberikan bantuan-bantuan finansial seperti yang tersebar melalui pesan brantai di whatsp dan medsos lainnya. Klaim tersebut murni hoaks. 

"Semua informasi terkait BPJS Kesehatan bisa diakses melalui care center 1500 400 atau ke akun medsos resmi BPJS Kesehatan dan website resmi BPJS Kesehatan, bpjs-kesehatan.go.id,"tegas Tutuarima, Kamis (28/01/2021). 

Kendati demikian BPJS Kesehatan menghimbau masyarakat agar lebih waspada terhadap modus penipuan yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Selain itu lebih bijak dalam menggunakan media sosial dan tidak mudah terpancing dengan informasi yang beredar lewat media sosial begitu saja.

"Sebelum meneruskan atau menyebarkan berita, diharapkan masyarakat dapat cek dan ricek, memastikan terlebih dahulu apakah sumbernya valid atau resmi,  kemudian mengklarifikasi kebenarannya, apabila terbukti tidak benar, berhenti meneruskan informasi tersebut. itu akan sangat membantu menghentikan penyebaran hoax," himbau Elsa. 

Diakhir pembicaraan Kepala Bidang SDM, Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Ambon itu mengingatkan untuk tetap jeli dan teliti membaca dan menyebarkan informasi dari media sosial karena dimasa pandemic seperti saat ini, hal-hal terkait bantuan seperti itu kerap dimanfaatkan orang tidak bertanggung jawab sebagai modus penipuan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00