Tenaga Medis di Puskesmas Karpan Ambon Divaksin

VAKSIN: Salah satu tenaga kesehatan di Puskesmas Karang Panjang Ambon divaksin Covid-19 Sinovac, Jumat (15/1/2021)/foto Syahirah-RRI Ambon

 KBRN,Ambon: Sebanyak 31 tenaga kesehatan di Puskesmas Karang Panjang (Karpan) Kecamatan Sirimau Kota Ambon, disuntik  Vaksin Covid-19 Jumat (15/1/2021) pagi.

Jadwal pemberian vaksin atau jadwal penyuntikan pada Jumat, diberikan dua tahap, dimana tahap pertama pada pukul 10 hingga 11 siang diberikan kepada 5 tenaga kesehatan termasuk dokter terlebih dahulu, kemudian pukul 1 hingga 2 siang dilanjutkan penyuntikan kepada 19 tenaga medis yang ada. Penyuntikan Vaksin Covid -19, akan berlanjut pada Senin pekan depan, kepada sisa tenaga kesehatan di Puskesmas Karang Panjang.

Dokter Lis Ester yang bertugas di Puskesmas Karang Panjang Ambon menjelaskan, sebelum disuntik Vaksin Covid -19, tenaga kesehatan serta dokter harus melalui tahapan skrining yaitu pemeriksaan tekanan darah harus 120 per 80, suhu tubuh tidak boleh diatas 37,5 derajat selsius, kemudian calon penerima vaksin tidak boleh ada sakit bawaan. Bila tekan darah tidak stabil dan sebagainya, maka penyuntikan vaksin tidak tidak dilakukan, hingga menunggu sampai kondisi calon penerima vaksin normal atau membaik.

"Selain tenaga kesehatan, tenaga administrasi kesehatan dan pegawai serta karyawan seperti sopir dan cleaning service yang bekerja di fasilitas kesehatan juga akan divaksin,"jelas Dokter Lis Ester.

Untuk jatah Vaksin Covid -19 yang diterima Puskesmas Karang Panjang Ambon sebanyak 318 vaksin. Vaksin ini diserahkan Pemerintah Kota Ambon melalui Dinas Kesehatan Kota Ambon sejak Kamis (14/1/2021).

"Kami berterima kasih kepada pemerintah yang telah memberikan perlindungan berupa vaksinasi yang disiapkan agar kami semua bisa menjalankan pelayanan dengan daya tahan tubuh baik,"ucap dokter Lis Ester.

Sementara itu, salah satu tenaga kesehatan yang disuntik Vaksin Covid-19, Suster Mima Jemia mengajak masyarakat agar tidak khawatir untuk divaksin. Mengenai kabar miring terkait dampak buruk Vaksin Covid -19, diakui sama sekali tidak benar.

"Vaksin Covid -19 dirasakan sangat bermanfaat bagi kekebalan tubuh, apalagi dirinya sebagai tenaga keaehatan yang tiap hari harus berhadapan dengan semua pasien,"terang Jemia.

Secara keseluruhan Untuk Kota Ambon, dijatahi 7.280 dosis vaksin Sinovac. Ribuan dosis vaksin yang diterima itu, diperuntukan untuk vaksinasi tahap pertama bagi sebanyak 4.053 tenaga kesehatan, tenaga administrasi kesehatan dan pegawai serta karyawan yang bekerja di fasilitas kesehatan di Kota Ambon.

Vaksin Covid-19 Sinovac sudah didistribusikan ke Rumah Sakit Umum Pusat dokter . J. Leimena, Rumah Sakit Siloam, Rumah Sakit Bhayangkara Ambon, Rumah Sakit Angkatan Laut, Rumah Sakit Alfatah, Kantor Kesehatan Pelabuhan Bandara serta dan 10 puskesmas di Kota Ambon (SS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00