Badan POM Ambon Kawal Penyediaan dan Penggunaan Vaksin Covid-19

Ilustrasi Vaksin Covid-19

KBRN,Ambon:  Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) Ambon, Dra Hariani Apt mengakui,  sebagai lembaga yang bertanggungjawab terhadap keamanan obat-obatan yang beredar, pihaknya terus mengawal penyediaan vaksin Covid-19 sejak tahap pertama, hingga pemberian vaksin kepada masyarakat.

Namun demikian, Hariani mengatakan bahwa vaksin Covid-19 bukan akhir dari segalanya. Setidaknya, protokol kesehatan wajib dijalankan masyarakat  meliputi mencuci tangan menggunakan air dan sabun atau pencuci tangan lainnya, menggunakan masker, menjaga jarak, menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, serta menjaga daya tahan tubuh.

Badan POM bagian dari Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, memiliki standar dalam pemberian izin penggunaan vaksin. Tentu saja, kandidat vaksin  melalui proses uji klinik atau uji kepada manusia untuk pembuktian khasiat dan keamanan. Persyaratan mutu serta pemastian pembuatan vaksin juga terus dievaluasi , demi menjamin mutu produk.

"Sebagai lembaga pemerintah di bidang pengawasan obat dan makanan, Badan POM mengambil langkah-langkah strategis pengawalan penyediaan vaksin Covid-19 dengan tetap mengedepankan kepentingan kesehatan masyarakat," ujar Hariani, Senin (11/1/2021)

Tidak cukup sampai di situ, Badan POM juga akan mengawasi rantai distribusi ke semua kabupaten di Maluku, untuk memastikan mutu vaksin. Vaksin membutuhkan kondisi penyimpanan khusus pada temperatur 2-8 derajat celsius. 

"Setelah proses pemberian vaksin dilaksanakan, Badan POM terus melakukan pengawasan untuk aspek keamanan melalui program kegiatan pemantauan efek samping,"tandasnya.

Pihaknya berharap, bantuan dan kerjasama dari seluruh tenaga kesehatan di lapangan dan industri farmasi untuk memantau dan melaporkan kemungkinan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang dialami masyarakat setelah menerima vaksin (SS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00