Potong Pele Covid 19, Mimbar Jumat Jadi Wadah Sosialisasi

KBRN:Masohi - Mimbar Jumat yang berlangsung setiap pekan menjadi salah satu wadah yang digunakan jajaran Polres Maluku Tengah (Malteng) dalam memutus mata rantai covid 19. Mimbar Jumat kali ini dilaksanakan di masjid Nurul Ummah RT. 12 Kelurahan Namaelo Kecamatan Kota Masohi, Jumat (23/10/2020). 

Kapolres Maluku Tengah, AKBP Rositah Umasugi mengatakan, pihaknya terus melaksanakan silaturahmi Kamtibmas dengan berkunjung ke masjid-masjid untuk memberikan himbauan Kamtibmas baik secara Agama maupun secara hukum. Termasuk juga perang terhadap penyebaran Covid-19. 

"Kita selalu jalin hubungan silaturahmi yang baik antara sesama. Evaluasi yang kami lakukan permasalahan menonjol yang terjadi diantaranya Penganiayaan yang sumber penyebabnya adalah minuman keras, " kata Kapolres dihadapan jemaah sholat Jumat, 

Dirinya juga menghimbau, para jemaah masjid untuk jauhi mengkonsumsi miras, karena dengan mengkonsumsi miras maka akan kehilangan kesadaran sehingga lupa diri, dan berujung kepada permasalahan kamtibmas.

"Selalu menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat. Kepada orang tua agar selalu mengajak sanak saudara serta keluarga kita untuk tidak komsumsi miras. Ajak anak-anak, keluarga dan saudara kita untuk selalu memakmurkan mesjid, kemudian memperkokoh ilmu pengetahuan dengan memperbanyak ilmu agama, "paparnya.

Kapolres juga mengingatkan, agar jangan pernah mencoba menkonsumsi miras dan narkoba karena dapat menjadi ketergantungan yang berdampak buruk pada orang lain. 

"Apabila terjadi permasalahan dapat berkoordinasi dan selalu memberikan informasi kepada Bhabinkamtibmas dan Personil Polres Maluku Tengah, dalam setiap permasalahan, " tuturnya. 

Orang nomor satu di Polres Malteng ini juga menghimbau, masyarakat untuk mematuhi protokoler kesehatan dengan cara 4 M, jangan lupa selalu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menjauhi kerumunan,"tandasnya.

Umasugi juga mengajak orangtua agar selalu mengawasi anak -anak dari penggunaan handphone, terlebih dimasa Pandemi Covid-19 ini, proses pembelajaran dilakukan melalui sistem aplikasi ( Online ).

"Perlu pendampingan dari para orang tua dalam mendidik anak dimasa Pandemi Covid-19 sekarang ini. Menjaga diri dan keluarga kita dari hal-hal yang tidak baik sehingga tidak terjerumus kepada perbuatan yang negatif. Anak adalah anugerah yang diberikan oleh Allah SWT yang harus di didik dan dibina dijalan kebaikan, "imbuhnya.

Umasugi juga meminta, dukungan dan kerja sama dari semua pihak agar  bersama-sama membantu pihak Polres Maluku Tengah dalam menjaga situasi kamtibmas diwilayah Kabupaten Maluku Tengah khususnya di RT 12 Kelurahan Namaelo Kecamatan Kota Masohi.

Dalam kesempatan tersebut, P.S. Kanit Binpolmas Sat Binmas, Bripka Irawan Karapesina yang bertugas sebagai Khotib dan membawakan khutbah dengan topik Muhasabah Sebagai Perbaikan Diri. 

Saat membawakan khutbah, Bripka Irawan mengatakan, muhasabah atau introspeksi membuka mata manusia tentang kelemahan, kekurangan, untuk  kemudian diperbaiki. 

"Introspeksi juga mengandaikan adanya perencanaan sebelum melakukan sesuatu agar kesalahan yang serupa tidak terulang.Muhasabah juga dapat menghindarkan kita dari sifat ujub (bangga diri) atau sombong. Muhasabah fokus pikiran tertuju pada kekurangan diri sendiri. Hal ini akan banyak mengurangi perilaku manusia yang cenderung gemar menilai atau mengoreksi diri sendiri, "kata Karapesina, dari atas mimbar. 

Menurutnya, sebagai manusia kita harus melakukan evaluasi diri, karena dengan begitu maka setiap manusia dapat memahami tentang hakikat kehidupan dan kemudian dari pemahaman atau paradigma yang benar itu akan menuntun pada cara-cara yang benar serta perbuatan-perbuatan yang bernilai kebaikan.

Diakhir khutbahnya, Karapesina mengajak jamaah untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan dimasa pandemi covid 19, dengan selalu menggunakan masker, mencuci tangan dengan air yang mengalir atau menggunakan hand sanitizer, menjaga jarak dengan orang lain, dan menghindari kerumunan yang dapat menyebabkan terjadinya penularan covid-19, serta mematuhi Fatwa Majelis Ulama Indonesia berkaitan dengan ibadah dimasa pandemi. Sebelum mengakhir silaturahmi tersebut, Kapolres memberikan cinderamata kepada Masjid Nurul Ummah yang diterima langsung oleh Imam Masjid Nurul Ummah  berupa tiga  buah Al-Qur'an, dan dua buah sarung.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00