Timbulkan Kepanikan Warga, Gempa 4.1 Magnitudo Guncang Ambon

KBRN, Ambon : Kota Ambon di guncang gempabumi tektonik dengan kekuatan 4.1 Magnitudo, sekitar Pukul 18.35 WIT pada Kamis, (24/09).

"Hasil analisis BMKG menunjukkan Episenter gempabumi terletak pada koordinat 3.58 LS dan 128.37 BT, atau tepatnya berlokasi di Laut 25 km Timurlaut Ambon-Maluku pada kedalaman 10 km," jelas Sunardi, Kepala Stasiun Geofisika Ambon.

Sunardi mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar lokal dan tidak berpotensi tsunami. Hingga pukul 19.30 WIT, hasil monitoring BMKG menunjukan adanya 1 (satu) aktivitas gempabumi susulan (aftershock) M 2.5 pada Pukul 19.05 WIT.

"Berdasarkan informasi dari masyarakat, gempa dirasakan di Ambon dan Kairatu III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, seakan -akan ada truk berlalu). Guncangan gempabumi pun dirasakan oleh banyak orang. Masyarakat pun dihimbau, agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya serta menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa," kata Sunardi.

Sementara itu, Sally (30) warga desa Passo mengaku panik dan takut saat terjadinya gempa. Kendati mendekati tanggal keramat yakni 26 September. Dimana tepat 1 (Satu) tahun berlalu, sejak terjadinya gempa dengan kekuatan 6.5 Magnitudo pada 26 September 2019 yang disertai ribuan kali gempa susulan. 

"Beta (saya) panik waktu gempa. Apalagi 2 (dua) hari lagi tanggal 26 September. Ini ingatkan katong (kita) dengan gempa tahun lalu yang mengharuskan tinggal di tenda pengungsian akibat rumah rusak dan takut terjadinya tsunami," tandas Sally.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00