Dewan Kota Sikapi Pajak Air Bawah Tanah Tiga BUMN

KBRN, Ambon : Komisi II DPRD Kota Ambon berencana hari Rabu (05/08/2020), melakukan on the spot ke tiga BUMN, yakni PT Angkasa Pura, PT Pelindo dan PT Pertamina. Kunjungan ke tiga BUMN ini terkait optimalisasi penerapan pajak Air Bawah Tanah (ABT).

"Kemarin kita sudah rapat dengan tiga pihak, Pelindo, Pertamina dan Angkasapura. Dan besok (hari ini) kita akan lakukan on the spot ke tiga lokasi itu untuk mengecek langsung ABT. Karena ini berkaitan dengan pajak ABT yang sekarang sudah mulai diberlakukan," ujar Ketua Komisi II DPRD Kota Ambon, Djafry Taihuttu, kepada awak media, Selasa (04/08/2020).

Menurutnya, mengingat saat ini, . Peraturan Daerah (Perda) soal penerapan pajak tersebut telah diterbitkan, Peraturan Gubernur soal nilai jual ABT juga sudah turun, sehingga pihaknya merasa perlu untuk mengecek langsung, apakah pajak yang dibayar pada tahun sebelum Perda dinyatakan tidak berlaku lagi dengan kebijakan Pempus. 

Diakui Taihuttu, ada kendala yang dihadapi  pemerintah terkait optimalisasi penerapan pajak ABT, karena alokasi anggaran 2020 yang disiapkan untuk menindaklanjuti penerapan pajak dimaksud, terpangkas untuk dana covid.

"Untuk itu kami dorong ke Dinas mitra (Dinas Pendapatan) agar antisipasi, jangan Perda ini turun, tetapi belum bisa jalan dikarenakan terkendala alokasi anggaran terpangkas karena covid, dan meterisasi air tanah untuk seluruh objek-objek pajak juga turut terpangkas," sergahnya.

"Jadi, tujuan kunjungan kita ini mau pastikan bisa tidak, karena alokasi anggaran itu belum ada, lalu sosialisasi yang terbatas. Tetapi diminta untuk Perda ini sudah bisa jalan. Walaupun sebenarnya, dari aspek regulasi, sudah bisa jalan karena peraturannya sudah ada," demikian Taihuttu.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00