Kota Ambon Dikepung 34 Titik Longsor

Tanah Longsor Akibat Diguyur Hujan

KBRN, Ambon : Ditengah mewabahnya Covid-19, kota Ambon kembali mendapat ancaman tanah longsor akibat curah hujan tinggi sejak dua hari terakhir.

"Hujan yang mengguyur kota Ambon hingga saat ini, mengakibatkan terjadi bencana tanah longsor di 34 titik. Menyebar didaerah Hatiwe Kecil 1 titik, Batu Merah 2 titik, Karang Panjang 6 titik, Negeri Soya 2 titik, Batu Meja 9 titik, Batu Gajah 7 titik, Amahusu 1 titik dan Kelurahan Waihoka 6 titik,"kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah  (BPBD) Kota Ambon Denny Paays, pada Rabu, (01/6).

Sejauh ini menurut Paays, petugas telah diturunkan pada titik titik rawan bencana serta menyalurkan bantuan tanggap darurat untuk meminimalisir terjadinya longsor yang berujung pada amblasnya rumah warga. 

"Petugas yang diturunkan terdiri dari BPBD, damkar dan dinas lingkungan hidup kota ambon. Dan kita sudah salurkan terpal, sekop dan gerobak. Namum warga pun boleh mengajukan permintaan terpal ke BPBD kota ambon, jika rumahnya berada di daerah rawan longsor. Dengan syarat menyertakan surat keterangan dari RT setempat,"ujar Denny Paays.

Ia menambahkan, Menyikapi intensitas curah hujan yang terjadi serta dampak yang ditimbulkan, masyarakat pun diminta untuk siaga menghadapi bencana khususnya yang bermukim di lereng bukit serta bantaran sungai.

"Bencana ini bisa datang kapan saja. Olehnya itu masyarakat dihimbau untuk menghindar dari lokasi atau titik titik yang menjadi rawan bencana ke tempat yang lebih aman,"tutupnya. (CT)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00