PPDB di Maluku dalam Pengawasan Ombudsman

Kepala Kantor Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Maluku, Hasan Slamat

30KBRN, Ambon: Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Maluku,  ikut mengawasi Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Maluku Tahun 2020, yang dilakukan secara daring atau online

Selain mengawasi, Ombudsman terang Kepala Kantor Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Maluku Hasan Slamat, sudah membuka posko pengaduan. Posko berada di Kantor Ombudsman kawasan Talake Ambon ini, khusus bagi masyarakat yang menjadi korban atau melihat ada kecurangan dalam pelaksanaan PPDB.

" Hal-hal yang bisa dilaporkan mulai dari pelaksanaan yang tidak sesuai regulasi, peserta titipan hingga praktik pungutan liar,"kata Slamat di Ambon, Selasa (30/6/2020)

Menurut Slamat, sebagai lembaga pengawasan, ombudsman tentunya melakukan tugas mengacu pada aturan. Untuk PPDB, pengawasan

mulai dari sistemnya, apakah berjalan dengan baik, hingga bagaimana pemerintah atau panitia menggunakan regulasi PPDB. Sebab, berkaca dari tahun sebelumnya, Ombudsman menemukan banyak pelanggaran, berupa pemalsuan data identitas diri siswa, termasuk data dalam Kartu Keluarga dan sebagainya.

Berbagai aturan harus ditegakkan. Namun, pihak sekolah diminta mengutamakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, dengan tetap menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak.

Dijelaskan, Ombudsman juga dalam posisi memastikan  persiapan informasi, terkait dengan pelaksanaan PPDB. Misalkan saja, cara mengakses untuk melakukan pendaftaran. Ini tentu harus disosialisasikan ke masyarakat, jangan kemudian nanti laporan-laporan yang masuk itu, justru karena publik tidak mendapatkan informasi dan sosialisasi, sehingga menimbulkan  persoalan baru. 

" Sejak  pendaftaran tingkat SMA sederajat, kami belum menemukan temuan yang signifikan. Semoga tidak ada persoalan untuk pendaftaran siswa tingkat SD dan SMP sederajat,"harapnya (SS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00