Awas! Gelombang Berpotensi 3,5 Meter di Perairan SBT Pekan Ini

KBRN, Bula : Cuaca buruk berupa gelombang tinggi disertai hujan dan angin kencang diprakirakan melanda wilayah Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) pada pekan pertama bulan Juni 2020.  Warga diminta waspada dengan selalu  memperhatikan kondisi cuaca sebelum melakukan berbagai aktivitas, lebih-lebih aktivitas melaut.

Meneruskan informasi dari Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Metereologi (Stamet) Kelas III Geser, prakirawan Eddy Wibowo menyebut secara umum kondisi cuaca di wilayah SBT pada pekan pertama bulan Juni 2020 akan  didominasi hujan ringan hingga sedang.

Penyebab terjadinya hujan disebabkan oleh adanya peningkatan suhu permukaan laut sebesar satu derajat Celcius yang membuat pertumbuhan awan akan lebih intens, di samping pengaruh  pola angin lapisan 3.000 feet yang menimbulkan konvergensi atau pertemuan arus angin yang memicu pertumbuhan awan secara intens.

Sejalan dengan itu, tinggi gelombang di perairan SBT pada pekan ini diprakirakan akan terus meningkat dari katagori sedang 1,0 - 2,5 meter hingga  katagori tinggi 2,0 - 3,5 meter pada pertengahan atau akhir pekan ini. Tinggi gelombang seperti itu sangat berbahaya bagi aktvitas pelayaran maupun melaut sehingga harus diwaspadai. 

Terkait dengan itu, Kepala BMKG Stasiun Metereologi Kelas III Geser Cipta Utama menghimbau kepada masyarakat pesisir di Kabupaten SBT untuk selalu berhati-hati dalam melakukan aktifitas di wilayah perairan menyusul adanya potensi peningkatan tinggi gelombang hingga 3,5 meter pada pekan ini. 

Masyarakat diharapkan selalu berkoordinasi dengan BMKG dan  terus mengupdate perkembangan informasi cuaca yang dikeluarkan BMKG setiap hari, serta tidak percaya informasi cuaca selain dari BMKG.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00