Tak Henti, Pesan Kamtibmas Diserukan Kapolsek Pulau Haruku

KBRN, AMBON : Kapolsek Pulau Haruku, Polresta Pulau Ambon dan Pp Lease, Iptu Julkisno Kaisupy tak henti-hentinya memberi pesan pentingnya merawat Kemanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah. 

Pesan damai itu kembali disampaikannya lewat giat Dialog Interaktif yang diselenggarakan Komunitas Pelelala di Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Nadil Negeri Kabauw, Minggu (14/8/2022). Hadir dalam giat itu, Sekdes Negeri Kabauw, Saniri Negeri Kabauw, Kepala Pemuda Negeri Kabauw dan Mantan Kepala Pemuda Negeri Kabauw. 

Mantan Kapolsek Leihitu, Polresta Pulau Ambon dan Pp Lease itu mengatakan, soal kamtibmas bukan saja merupakan tanggung jawab TNI/POLRI  akan tetapi merupakan tanggung jawab semua pihak termasuk pemerintah daerah, pemerintah negeri, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, para pelajar dan juga masyarakat. 

“Sehingga, merawat kamtobmas adalah tanggung jawab kita bersama dalam menciptakan hidup yang aman dan damai dalam bingkai orang sudara di Pulau Haruku,” ungkap Kapolsek. 

Berkaitan dengan maksud pemolisian masyarakat atau disebut polmas, kata dia, masyarakat harus menjadi polisi bagi dirinya sendiri.  Jika kemudian, masyarakat sudah menjadi polisi bagi dirinya sendiri, tanpa kahadiran polisi sekalipun masyarakat sudah sadar tentang kamtibmas, sadar tentang kahidupan yang damai, fokus mencari nafkah, tidak melakukan hal-hal yang mengakibatkan gangguan kamtibas dan merugikan orang lain. 

“Kunci dari kamtibmas yang aman dan damai adalah kesadaran dari semua pihak tentang menghindari kenakalan remaja yang diantaranya, menghindari minuman keras (miras); Narkoba; dan tawuran. Ada tiga factor juga yang emmpengarugi yakni, lingkungan keluarga yang didikannya tidak baik, lingkungan sekolah yang pergaulan dengan teman sekolah yang nakal juga akan mempengaruhi perilaku anak untuk melakukan hal-hal negative. Dan ketiga itu, lingkungan masyarakat. Pergaulan di lingkungan masyarakat yang negatif juga akan mempengaruhi perilaku anak untuk melakukan hal-hal yang negatif juga,” pungkas Kapolsek.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar