Pemprov Maluku Gelar Pengobatan Massal Leihitu

Bakti Sosial Jelang HUT Provinsi Maluku ke - 77 di Negeri Hila Kaitetu

KBRN, Ambon :  Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Maluku ke-77 yang jatuh pada tanggal 19 Agustus mendatang, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku menggelar Bakti Sosial (Baksos) di Desa Hila-Kaitetu dan Negeri Lima, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Minggu, (07/08/2022). 

Kegiatan Baksos diawali di Desa Hila - Kaitetu, di depan Benteng Amsterdam.

Baksos pengobatan masal  melibatkan 40 dokter umum, 20 dokter spesialis dengan target sebanyak 500 orang. Pengobattan massal ini merupakan kerjasama antara Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) bersama Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI). 

Kegiatan lainnya yaitu, penyerahan bantuan berupa paket sembako kepada Korban Bencana Banjir / Longsor, dengan target sebanyak 124 orang, di Desa Hila - Kaitetu dan 9 orang di Desa Negeri Lima.  Dinas Sosial Pemprov Maluku sebagai penanggung jawab dari Dinas Sosial Provinsi Maluku.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Maluku, Meikyal Pontoh mengatakan, bakti sosial atau dikenal dengan sebutan Baksos erupakan salah satu kegiatan wujud dari rasa kemanusiaan antara sesama manusia.  

"Bakti Sosial merupakan suatu kegiatan dimana dengan adanya kegiatan ini, pemerintah dan masyarakat dapat merapatkan kekerabatan," kata Pontoh.

Untuk itu, dirinya berharap kegiatan bakti sosial yang diselenggarakan saat ini dapat di manfaatkan oleh masyarakat.

"Kehadiran kita disini, tolong dimanfaatkan sebaik-baiknya, karena selain pengobatan masal, juga ada penyerahan bantuan sosial.Lebih tepatnya, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah provinsi terhadap masyarakatnya," ungkap Pontoh.

Lanjutnya, bakti sosial merupakan suatu bentuk kepedulian kepada pihak sosial, atau dalam hal ini adalah masyarakat terutama golongan yang berhak untuk menerimanya, atau kepada masyarakat yang sedang membutuhkan uluran tangan pemerintah. 

"Jadi, kalau ada anggota masyarakat yang tidak bisa bangun karena sakit, mungkin perlu diinformasikan agar bisa kita kunjungi. Mobil ambulance disiapkan untuk dapat mengangkut atau melayani langsung di rumah. Kalau ada tindakan operasi, kita akan melakukannya di rumah sakit. Jadi mohon kerjasamanya, agar diberitahu kepada masyarakat yang belum tahu tentang pelaksanaan kegiatan ini," imbaunya.

Sementara itu, Camat Leihitu, Amin Sopaliu menyampaikan  ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah memilih wilayah kerjanya sebagai lokasi pelaksanaan bakti sosial. Harapannya, dengan adanya pelaksanaan Baksos, program kerja pemerintah tentang masyarakat sehat bisa terwujud secara bertahap. 

"Olehnya itu, saya ajak masyarakat untuk datang di kegiatan ini sehingga kita semua sehat," tandas Sopaliu.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar