Ini 14 Program Ketua MUI Kota Ambon Periode 2022-2027

KBRN,Ambon: Muhammad Rahanyamtel kembali terpilih memimpin Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) wilayah Kota Ambon periode 2022-2027.

Rahanyamtel terpilih dalam Musyawarah Daerah (Musda) MUI Ambon yang digelar di Kantor sekretariat sementara MUI Ambon, kawasan Kapaha, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Sabtu (06/08/2022) pagi.

Muhammad Rahayamtel dalam acara pelantikannya sebagai Ketua MUI Ambon yang digelar hari itu juga mengatakan, kehadiran MUI sangat penting di tengah-tengah pluralitas kaum muslim Kota Ambon saat ini.

Kemajemukan dan keragaman kaum muslim dalam pemikiran keagamaan, organisasi sosial, kecenderungan aliran, aspirasi politik dan kenyataan keragaman agama harus dikawal bersama Pemerintah.

Dan MUI tentu akan menjadi  sebuah kekuatan menuju terciptanya equilibrium kehidupan masyarakat Kota yang sejuk dan bermartabat.

"Masyarakat muslim Kota Ambon memiliki potensi keagamaan yang harus terus dikembangkan sehingga menjadi sebuah kekuatan keagamaan yang pada hakikatnya penting diwujudkan dalam kehidupan kebangsaan di kota ini," sebutnya

Dia bilang, untuk mewujudkan itu, ada sebanyak 14 poin program prioritas yang nantinya bakal dikerjakan MUI Ambon periode 2022-2027.

14 program itu diantaranya, penutupan lokalisasi Tanjung Batu Merah, Pembentukan MUI Kecamatan, Penggalangan dana untuk kemanusiaan di Palestina, Ikut memfasilitasi perdamaian pemerintahan desa di Negeri Batu Merah dan Ikut menyelesaikan konflik internal umat Islam.

Kemudian, Ikut meredahkan penyebaran video provokasi antar umat beragama di Kota Ambon, Melakukan kegiatan Kaderisasi Ulama bersama MUI Kecamatan Teluk, Melakukan peringatan Maulid Nabi untuk masjid-masjid di Kota Ambon dan Bersama MUI Provinsi menggagas penyediaan lahan bagi Kuburan Masal sebesar 40 hektar

Selanjutnya MUI Ambon akan bersama pemerintah daerah melakukan zikir dan doa bagi keselamatan Kota Ambon dari gempa bumi tahun 2019, Bersama pemerintah daerah dalam berbagai kegiatan pro-umat, Bersama Kementerian Agama, Kepolisian, Kejaksaan dan TNI dalam berbagai kegiatan tertentu, Bersama Tokoh Lintas Agama dalam berbagai dialog serta ikut membantu problem-problem keumatan yang lain.

"Nah, ada 14 program yang akan kita kawal kedepan bersama," tukasnya

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar