Hadapi Bencana Perlu Ada Komunikasi dan Koordinasi

 KBRN,Ambon:  Sekretaris Dinas Sosial (Dinsos) Maluku, Donald Saimima, mengajak semua elemen memiliki kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam maupun sosial.

Saimima selalu menekankan agar dalam penanggulangan bencana, perlu melibatkan pihak terkait untuk mempercepat ketuntasan, sekaligus memberikan kepastian negara hadir.

"Kami bersama Dinas Sosial kabupaten Kota di Maluku sudah melakukan langkah-langkah terhadap bencana alam  dengan mendorong berbagai macam bantuan kepada masyarakat yang meliputi semua keperluan dan kebutuhan,"terang Saimima, Sabtu (6/8/2022)

Selain siaga untuk menyalurkan bantuan sosial, salah satu upaya yang terus didorong adalah  membentuk Kampung Siaga Bencana (KSB). Ini sebagai model pendekatan penanggulangan bencana berbasis masyarakat untuk merubah pola pikir dan tindak dalam penanggulangan bencana.

Saimima menambahkan bahwa saat ini pihaknya  dalam  kecepatan informasi serta penyaluran bantuan sosial  dan lainnya  ke lokasi terdampak selalu didukung  Taruna Siaga Bencana atau TAGANA.

"Jadi kita sangat terbantu dengan TAGANA. Mereka ini memiliki peran yang sangat penting di saat terjadi bencana karena berhadapan langsung dengan masyarakat. Tugas mereka itu bukan cuma pada bencana alam saja tapi juga pada bencana sosial dan saat pandemi Covid-19 pada beberapa waktu lalu,"ungkapnya.

Ia mengapresiasi Polda Maluku dan jajaran yang telah membantu mengatasi bencana di sejumlah daerah di Maluku.Apa yang sudah dilakukan merupakan bentuk kepedulian Polri terhadap masyarakat mulai dari tingkat Polsek, Polres hingga Polda.

itulah wujud kehadiran Negara dalam melayani dan melindungi masyarakat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar