FOKUS: #TANGGAP BENCANA

Hujan dan Angin Kencang Mengakibatkan Sejumlah Lokasi di Ambon Alami Banjir dan Tanah Longsor

Kondisi rumah yang terdampak longsor di kota Ambon.jpg
Kondisi pohon tumbang di salah satu Ruas jalan di kota Ambon Selasa, 05/07/2022 (Tabea Ambon) .jpg

KBRN,  Ambon: Bencana banjir dan tanah longsor kembali terjadi di kota Ambon, hal itu dikarenakan Hujan lebat yang melanda Kota Ambon, sejak Senin (4/7/2022) malam hingga selasa pagi (5/7/2022). 

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Ambon, Demmy Paais, melaporkan, banjir terjadi di Desa Nania RT 006 RW 001 akibat sendimentasi Kali Waisalak yang merendam 6 (enam) rumah.

“Sedangkan longsor di Kelurahan Amantelu RT 003 RW 03 batu menimpa rumah warga sehingga dinding dapur rusak. Yang  terdampak 3 (tiga) kepala keluarga,” ungkap Paais.

Selain itu, titik genangan air juga terjadi pada sejumlah kawasan dan jalan umum, antara lain Desa Waiheru – Pasar Cokro, Desa Hunut – Dusun Kate-Kate, Negeri Halong – Air Besar,  Passo – Depan Mall ACC.

Selain Bencana banjur dan tanah longsor, terjadi pula Talud Patah dan bencana pohon tumbang di Desa Poka – Unpatti dan Passo – Air Besar.

“Sementara ini, Tim BPBD dibantu Damkar, telah turun di titik – titik lokasi bencana dan melakukan penanganan dan pendataan,” terangnya.

Dengan intensitas hujan yang terjadi saat ini, Kalak berharap masyarakat yang bermukim di daerah – daerah pinggiran sungai, agar meningkatkan kewaspadaan karena berdasarkan pantauan CCTV debit air telah meluap.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar