ASN Lingkup Pemkot Akan Ditertibkan

KBRN, Ambon: Melalui Badan Kepegawaian Sumber Daya Manusia (BKSDM), Pemkot Ambon sementara melakukan penertiban Aparatul Sipil Negara (ASN). Hal itu dilakukan guna melihat kinerja masing-masing ASN.

Kepala Badan Kepegawaian Sumber Daya Manusia (BKSDM) Kota Ambon, Benny Selanno, mengatakan penertiban yang dilakukan bukan hanya kepada ASN, melainkan juga tenaga honorer dan kontrak.

"Sekarang itu penertiban seluru aparatus sipil negara termaksud tenaga honorer maupun kontrak yang ada pada pemerintah kota, kita lihat mana yang betul dan tidak betul akan kita pangkas. Karena banyak orang sudah honor lebih banyak," kata Selanno, kepada wartawan di Balai kota Ambon.

Menurut Selanno, pihaknya sudah melakukan seleksi administrasi, namun dalam kecurigaan kemungkinan ada penambahan ketika pengumuman keluar.

"Saya akan buat tertib lagi walaupun nanti ada yang bilang bahwa sudah selesaikan ulang-ulang silakan saya kasih kebebasan untuk penyampaian tetapi ilmu akhir ada, yang bisa menentukan siapa yang honor lama atau siapa yang baru honor," jelasanya.

Dijelaskan, untuk tenaga honorer  terdapat sumber pembiayaan, sementara tenaga guru ada dana BOS. Untuk SKPD/OPD tentunya berasal dari APBD. 

"Nah ini bakal diteliti betul sehingga mendapat kekuatan betul bahwa berapa banyak tenaga honor itu yang dibiayai oleh ABPD maupun APBN,"terangnya.

"Honor-honor yang di luar pembiayaan itu akan kita pertimbangkan. Menurut saya, pasti ada banyak honor dadakan. terutama di sekolah-sekolah, kita akan minta pertanggungjawabkan mutlak kepada sekolah-sekolah,"akuinya.

Ditegaskan, apabila data yang disampaikan adalah data palsu, maka akan di tindak tegas. 

"Membohongi dan menyampaikan sesuatu yang merupakan rahasia negara, bisa diberhentikan. Itu aturan," tegasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar