Banjir Randam Jalan Raya Hila, Arus Lalu Lintas Pincang

Banjir Rendam Ruas Jalan Hila, Leihitu, Malteng, Selasa (05/07/2022). Rafsanjani

KBRN, Ambon: Banjir merendam ruas jalan Raya Hila, tepat di depan Gedung Marine Center Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Negeri Hila, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), akibat hujan deras sejak Selasa (05/07/2022) dini hari.

Hingga pagi ini, puluhan kendaraan masih terjebak kemacetan parah. Tak ada jalur alternatif lain. Ruas jalan yang tergenangi banjir kurang lebih 100 meter itu menyebabkan arus lalu lintas menjadi picang.

Pantauan RRI Ambon di lokasi, kemacetan panjang sudah terjadi sejak pukul 07.00 WIT. Kendati begitu, ada pengendara yang nekat menorobos banjir

Sementara bagi pengendara yang memilih bertahan dan menunggu air surut, karena mereka khawatir terjadi gangguan pada kendaraan mereka. 

Di lokasi tersebut, ketinggian air mencapai lutut orang dewasa. Beberapa warga Hila turun ke lokasi untuk mengatur arus lalu lintas. 

Hanya per satu unit mobil yang diminta untuk melintas, tak bisa saling berlawanan arah. 

Terendamnya ruas jalan di kawasan ini merupakan kali pertama. Penyebabnya, tak ada jalan keluar untuk air. Semua mentok dan terhalang pagar tembok Marine Center Unpatti Ambon.

"Dulu tidak begini. Setelah ada dinding Marine Center Unpatti, langsung banjir merendam jalan seperti kondisi saat ini," kata salah satu sopir angkot Hila, Hamjah Tatisina.

Dia berharap, pihak Unpatti bisa membuat drainase atau saluran pembuangan air di kawasan itu. Sebab jika tidak, maka jalan penghubung utama sejumlah negeri di Leihitu ini akan selalu direndam banjir di tiap musim penghujan.

Hingga berita ini baik cetak, hujan lebat masih mengguyur kawasan tersebut. Pengguna jalan pun masih ada yang menunggu hingga air surut.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar