DPRD Ambon Pastikan PPDB Bersih dari Pungli

KBRN, Ambon: Ketua Komisi II DPRD Kota Ambon, Christianto Laturiuw memastikan seluruh sekolah di Kota Ambon bebas dari pungutan liar saat penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2022-2023.

"Kami sudah buat pengawasan serta konfirmasi ke tiap sekolah, ternyata tak ada sekolah yang pungut biaya dari siswa," kata Christianto di Ambon, Senin (04/07/2022)

Menurutnya, sejauh ini, belum ada laporan terkait, baik dari sekolah maupun orang tua siswa ke DPRD. Itu berarti, pihak sekolah telah menindaklanjuti apa yang ditekankan oleh DPRD.

"Sebelumnya kami sudah rapat dan bahas masalah ini. Dan kamk tekankan ke seluruh kepala sekolah bahwa pungut biaya saat PPDB itu dilarang," beber dia

Politisi Gerindra itu menyatakan, dalam PP Nomor 17 Tahun 2010 pasal 181 dan 198 menyebutkan, pendidik atau tenaga pendidik, komite sekolah dan dewan pendidikan, baik secara perseorangan maupun kolektif, tidak diperbolehkan memungut biaya dari siswa baru dalam bentuk apapun.

Tentu, kalaupun ada pihak sekolah yang dengan sengaja tetap mengambil uang misalnya atau mematok harga seragam ke siswa, maka akan ditindak sesuai aturan yang berlaku.

"Tapi kalau warga masyarakat mendengarkan ada sistem seperti begitu, atau pungutan itu, segera dilaporkan ke DPRD atau Dinas Pendidikan," pintanya

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar